7 Pelatih Sepak Bola Bergaji Tertinggi di Tahun 2015

Pelatih Sepak Bola

Sebuah majalah sepak bola Perancis merilis daftar pelatih bergaji paling tinggi untuk periode tahun 2014-2015. Daftar tersebut didominasi nama-nama pelatih yang sedang atau pernah menukangi tim-tim yang berlaga di Premier League. Para manajer tim papan atas itu digaji berdasarkan keterampilannya dalam meracik strategi serta kepemimpinannya dalam tim. Soal prestasi, tim-tim besar Eropa bisa dibilang sangat lugas. Mereka takkan segan-segan memecat pelatihnya jika dirasa sang pelatih nihil prestasi.

Lalu siapa saja pelatih yang punya gaji paling wow di tahun 2015 ini? Berikut ulasan beserta jumlah nominal gaji mereka.

–O–

7. Andre Villas-Boas (6,2 juta pound)

Andre Villas-Boas

Sebagai sosok pelatih muda yang menjanjikan, Andre Villas-Boas pernah menukangi dua tim Liga Inggris, Chelsea dan Tottenham. Meski bisa dibilang mengecewakan, Villas-Boas terus berjuang memapankan statusnya sebagai salah satu pelatih top Eropa. Ia kini menukangi tim Rusia, Zenit Saint Petersburg. Jauh sebelumnya, pria asal Portugal ini pernah mengukir prestasi ketika membawa Porto menjadi tim yang tak terkalahkan di Liga Utama Portugal pada musim 2010-2011.

6. Fabio Capello (6,6 juta pound)

Foto Fabio Capello

Pelatih gaek sarat pengalaman ini mendapat gaji yang fantastis dari Rusia meski timnas Rusia tak kunjung membaik prestasinya. Di Piala Dunia 2014 lalu, Rusia harus tersingkir di babak penyisihan, membuat pria asal Capello ini harus mempertanggungjawabkan kepemimpinannya di hadapan parlemen Rusia. Di pertengahan tahun 2015, pelatih yang pernah menukangi timnas Inggris ini akhirnya dipecat Rusia. Sebelumnya, Capello telah lama melatih tim-tim besar Eropa.

5. Louis van Gaal (7,3 juta pound)

Foto Louis van Gaal

Louis van Gaal digaji besar untuk mendongkrak prestasi tim rakasasa Inggris, Manchester United, yang terpuruk pasca pensiunnya sang pelatih legenda Sir Alex Ferguson. Meski belum membuktikan apa-apa bersama Setan Merah, sejatinya van Gaal adalah pelatih yang hebat. Ia membawa timnas Belanda melewati fase kualifikasi Piala Dunia 2014 tanpa terkalahkan. Belanda bahkan dibawanya menjadi juara ketiga setelah mengandaskan tuan rumah Brasil.

4. Arsene Wenger (8,3 juta pound)

Arsene Wenger

Pria asal Perancis ini cukup sepi prestasi di Arsenal, tapi tim asal London itu menggajinya begitu tinggi. Meski desas-desus menyebutkan Wenger akan meninggalkan The Gunners di akhir musim 2014, nyatanya setelah sukses menjuarai Piala FA kontrak Wenger diperpanjang hingga 2017. Loyalitas Wenger di Arsenal, yang merupakan pelatih terlama yang memimpin tim Liga Inggris, membuat Arsenal rela menggajinya sangat tinggi.

3. Pep Guardiola (11,2 juta pound)

Foto Pep Guardiola

Sebagai pelatih muda yang brilian, Pep telah membuktikan tangan dinginnya di Barcelona, yang dalam beberapa tahun terakhir menjelma menjadi monster di daratan Eropa. Pep kemudian hengkang ke tim raksasa asal Jerman, Bayern Munich, dan ia kembali membuktikan kemampuannya dengan membawa tim asal kota Munich itu menjadi jawara Bundesliga dan Piala Jerman. Banyak tim besar yang secara konstan mengincar Pep, salah satunya Manchester City.

2. Carlo Ancelotti (11,4 juta pound)

Foto Carlo Ancelotti

Pelatih yang sangat sukses ini membawa Real Madrid mengukir sejumlah prestasi mentereng di musim 2014. Trofi Copa del Rey, Liga Champions, UEFA Super Cup, dan FIFA Club World Cup; empat trofi dalam satu musim. Sayang Madrid hanya finish di posisi ketiga La Liga. Kontrak Ancelotti tak dilanjutkan di Madrid. Sepeninggal dari El Real, beberapa tim besar, termasuk AC Milan, siap mengontrak Ancelotti. Namun Ancelotti sementara ini memilih untuk beristirahat.

1. Jose Mourinho (13,2 juta pound)

Foto Jose Mourinho

Pelatih jenius ini disebut oleh berbagai kalangan sebagai pelatih terbesar dan tersukses di dunia, hingga tak heran jika Mou akan selalu menghuni daftar pelatih bergaji tertinggi selama beberapa tahun ke depan. Rekor melatih Mourinho sangat fantastis, ia nyaris selalu membawa tim yang ia pimpin menjadi juara liga atau setidaknya finish di urutan dua. Mulai dari Porto, Chelsea, Inter, Real Madrid, dan Chelsea lagi, Mourinho benar-benar layak mendapat gaji yang sangat tinggi.

Leave a Reply