Sejarah Olahraga Bisbol di Amerika Latin

Tim Bisbol Amerika Latin

Olahraga bisbol masuk ke kawasan Amerika Latin pada tahun 1860-an. Di Kuba, para pelajar yang pulang dari studi mereka di Amerika Serikat memperkenalkan permainan ini pada rekan-rekan mereka. Olahraga ini dengan cepat menyebar ke seluruh pulau dan menjadi olahraga nasional.

Pada akhir era 1800-an, orang-orang Kuba berperan besar dalam memperkenalkan permainan ini ke Republik Dominika dan ke seluruh kawasan Karibia. Orang Kuba, bersama dengan para pekerja kereta api dan pedagang laut Amerika, kemudian memperkenalkan permainan ini ke Meksiko, Venezuela, dan Amerika Tengah.

Kuba mendirikan liga musim dingin profesional pada tahun 1878. Liga bisbol profesional ini dimainkan sampai tahun 1961. Liga ini lalu direstrukturisasi menjadi sebuah kompetisi amatir oleh pemerintah Komunis pimpinan Fidel Castro. Meski begitu, orang Kuba tetap bersemangat memainkan bisbol.

Liga amatir Kuba telah menghasilkan banyak pemain bagus, dan tim bisbol Olimpiade Kuba telah memenangkan beberapa medali emas. Demi bisa bermain bisbol dalam liga profesional di Amerika Serikat, beberapa pemain bisbol terbaik Kuba, seperti pitcher bersaudara Orlando dan Liván Hernández, melarikan diri dari Kuba.

Ada liga bisbol profesional di Republik Dominika, Meksiko, Puerto Rico, dan Venezuela. Musim bisbol dimainkan antara bulan Oktober dan Januari. Para pemenang dari empat liga itu kemudian bertemu dalam Seri Karibia setiap bulan Februari. Meksiko, Venezuela, dan Republik Dominika juga memiliki liga musim panas yang berafiliasi dengan liga-liga kecil di Amerika Serikat.

Leave a Reply