Sejarah Olahraga Bisbol di Asia

Bisbol Jepang

Jepang merupakan negara Asia pertama yang memainkan olahraga bisbol. Permainan ini diperkenalkan pada tahun 1870-an. Dengan cepat, bisbol memperoleh banyak penggemar secara nasional. Liga profesional pertama Jepang diciptakan pada tahun 1936. Liga Sentral dan Liga Pasifik saat ini mulai dimainkan pada tahun 1950. Setiap bulan Oktober, juara dari dua liga ini bertarung di Seri Jepang, versi Jepang dari Seri Dunia.

Pada tahun 1995, pitcher Hideo Nomo menjadi warga negara Jepang pertama yang bermain di liga utama Amerika Utara. Pada saat itu, banyak penggemar liga utama yang skeptis bahwa seorang pemain Jepang bisa sukses di Amerika Utara. Nomo menjawabnya dengan tampil secara mengesankan di musim 1995. Ia mendapatkan penghargaan National League’s Rookie of the Year sekaligus membuktikan kualitas bisbol Jepang.

Setelah itu, banyak rekan senegara Nomo segera mengikuti jejaknya ke liga utama. Yang paling menonjol dari para pemain ini adalah Ichiro Suzuki. Pada tahun 2004, jumlah hit (pukulan) Suzuki yang mencapai 262, melampaui rekor lama yang dipegang George Sisler untuk hit paling banyak dalam satu musim.

Bisbol juga merupakan olahraga yang penting di Korea Selatan dan Taiwan. Organisasi Bisbol Korea memulai liga profesional yang memainkan pertandingan pertamanya di tahun 1982. Liga Bisbol Profesional China Taiwan pertama kali dimainkan pada tahun 1990. Selain itu, Taiwan juga terkenal karena banyak melahirkan tim-tim jawara Little League.

Leave a Reply