Seperti Apa Sih Tank Tempur Utama (MBT) Itu?

Gambar Tank Tempur Utama

Tank adalah kendaraan tempur lapis baja dengan persenjataan berat yang berjalan di atas trek, atau sabuk logam, bukan roda. Dengan meriam utama yang sangat kuat, tank memegang peranan penting dalam menghancurkan pasukan dan benteng musuh. Tank modern yang paling umum digunakan Tank Tempur Utama (Main Battle Tank/MBT).

Sebuah MBT dapat mengangkut tiga atau empat awak, yaitu komandan, pengemudi, penembak, dan terkadang pengisi senjata tank. Ada juga tank yang lebih kecil dan lebih ringan yang dipakai untuk keperluan khusus.

Tank bisa memiliki berbagai senjata, tetapi kebanyakan MBT memiliki meriam utama dengan kaliber antara 105 sampai 125 milimeter. Tank kecil membawa meriam dengan kaliber bervariasi, mulai dari 75 sampai 85 milimeter. Beberapa tank ringan juga membawa rudal yang ringan dan sangat kuat. Rudal memberikan senjata yang lebih kuat dari senjata biasa milik tank ringan.

Rudal tidak digunakan pada MBT karena meriam utama tank ini dapat memberikan hasil yang sama dengan biaya yang lebih rendah. Selain meriam utama, kebanyakan tank memiliki satu atau lebih senapan mesin. Senapan tersebut biasanya dipasang pada struktur yang disebut turret atau menara yang dapat berputar ke segala arah.

Tank modern dilengkapi dengan banyak perangkat modern untuk membantu mereka menghancurkan musuh yang menjadi targetnya. Misalnya, perangkat penglihatan malam membantu menemukan tank musuh dengan merasakan panas dari mesin mereka. Kemampuan ini juga dapat menemukan target yang berada dalam debu, kabut, asap, dan salju. Ketika target telah terlihat, pengukur jarak otomatis akan mengukur seberapa jauh tank itu, dan komputer akan mengecek kondisi angin dan cuaca untuk meningkatkan akurasi tembakan.

Pada beberapa tank, anggota kru mengisi meriam. Pada jenis tank lainnya, ada loader atau pengisi peluru otomatis di dalamnya. Komandan tank akan mendorong saklar untuk memilih jenis peluru dan secara otomatis dimuatkan ke meriam. Cara ini bisa membuat tembakan dilakukan secara cepat.

Lalu seperti apa sih Tank Tempur Utama alias MBT ini? Berikut beberapa gambarnya.

Gambar Tank Tempur Utama 2Gambar Tank Tempur Utama 3 Gambar Tank Tempur Utama 4Gambar Tank Tempur Utama 4

Leave a Reply