Profil dan Koleksi Foto Panda Raksasa

Panda Raksasa

Seperti beruang lainnya, panda raksasa (Ailuropoda melanoleuca) memiliki badan besar serta ekor pendek dan gemuk. Hewan lucu ini juga memiliki wajah bulat dengan otot rahang yang kuat. Panda raksasa dewasa panjangnya sekitar 4 sampai 6 kaki (1,2 sampai 1,8 meter) dari ujung hidung hingga pantat dan beratnya sekitar 165 sampai 250 pon (75 sampai 115 kilogram) atau lebih. Pejantan lebih besar dari betina. Mereka memiliki lapisan bulu putih dengan bulu hitam tebal pada kaki, bahu, ekor, moncong, telinga, dan sekitar mata.

Panda raksasa ditemukan di hutan bambu di pegunungan China tengah. Mereka biasanya hidup sendirian. Mereka adalah penghuni daratan, tetapi juga bisa memanjat pohon. Panda raksasa memakan rebung atau bambu, daun, dan batang tanaman.

Di setiap kaki depan ada perpanjangan tulang pergelangan tangan, yang oleh panda digunakan seperti ibu jari untuk membantu menggenggam batang bambu yang ramping. Karena tidak dapat mencerna selulosa yang merupakan komponen utama bambu, panda raksasa harus menghabiskan banyak waktu untuk makan. Mereka makan sekitar 20 sampai 40 pon (9-18 kilogram) bambu setiap hari.

Panda betina hanya mampu berkembang biak selama satu sampai tiga hari di musim semi. Di musim gugur, ia melahirkan satu atau dua anak (tapi di alam liar hanya satu yang biasanya bisa bertahan hidup). Anak panda yang baru lahir berukuran kecil dan tak berdaya. Mereka biasanya meninggalkan induknya pada usia 18 sampai 24 bulan usia dan mencapai kematangan seksual pada usia empat hingga delapan tahun.

Jumlah panda raksasa begitu jarang, diperkirakan mereka hanya berjumlah sekitar 1.600 ekor di alam liar. Hal ini terutama disebabkan oleh fragmentasi dan lenyapnya habitat mereka. Lebih dari 50 cagar alam telah didirikan di China dalam upaya untuk menyelamatkan spesies ini.

Panda raksasa sulit berkembang biak di penangkaran, tetapi program pemuliaan telah mulai menunjukkan kesuksesan yang lebih besar. Pada awal abad ke-21, ada lebih dari 175 panda raksasa di kebun binatang dan pusat penangkaran di seluruh dunia, sebagian besar di China. Pada tahun 2006, panda hasil tangkaran pertama dilepaskan ke alam liar. Nah, berikut foto-foto lucu si panda raksasa.

Panda Raksasa 1 Panda Raksasa 2 Panda Raksasa 3 Panda Raksasa 4 Panda Raksasa 5 Panda Raksasa 6 Panda Raksasa 7 Panda Raksasa 8 Panda Raksasa 9 Panda Raksasa 10

Leave a Reply