Penjelasan Tentang Tulang dan Struktur Tulang

Gambar Tulang

Manusia dan berbagai hewan memiliki sistem kerangka yang terbuat dari potongan-potongan keras yang disebut tulang. Tulang berfungsi menopang tubuh dan melindungi organ-organ di dalamnya. Tulang menyimpan nutrisi dan mineral penting. Tulang membuat sel-sel darah. Tubuh manusia memiliki lebih dari 200 tulang.

Sel-sel khusus mulai membuat tulang baru dengan membangun struktur protein. Darah kemudian membawa kalsium yang akan menempel pada struktur tersebut. Ketika kalsium mengeras, tulang baru selesai terbentuk. Tubuh juga dapat membangun kembali tulang yang menipis atau patah.

Ada dua tipe dasar tulang: tulang kompak dan tulang spons. Kedua jenis ini terbuat dari kalsium dan mineral lainnya, serat protein, dan air.

Tulang kompak solid dan sangat keras. Tulang ini membentuk lapisan luar semua tulang. Tulang ini juga membentuk poros atau tabung panjang tulang lengan dan kaki. Sedangkan tulang spons terletak di dalam sebagian besar tulang kompak. Bentuknya seperti sarang lebah atau spons, tetapi tidak lembut. Banyaknya ruangan dalam tulang spons membuatnya tahan goncangan atau tekanan tiba-tiba pada tulang.

Sumsum tulang mengisi ruang kosong di dalam tulang spons. Sumsum tulang juga mengisi tabung berongga dari tulang panjang. Sumsum adalah substansi lembut seperti jeli yang biasanya berwarna merah atau kuning. Sumsum merah membuat sel-sel darah, sedangkan sumsum kuning menyimpan lemak.

Membran tipis atau kulit meliputi setiap tulang. Membran mengandung saraf dan pembuluh darah yang melekat pada tulang. Pembuluh darah membawa nutrisi ke tulang. Mereka juga mengangkut sel darah dari tulang ke seluruh tubuh.

Leave a Reply