10 Drama Korea MBC Terbaik Sepanjang Masa

Drama MBC

MBC. Para penggemar K-Drama pasti familiar dengan nama ini, bukan? MBC atau Munhwa Broadcasting Corporation adalah satu di antara beberapa perusahaan penyiaran besar dan berpengaruh di Korea Selatan. Mereka sudah mulai beroperasi sejak tanggal 2 Desember 1961. Saluran televisi ini memiliki markas besar di DMC (Digital Media City), di Mapo-gu, kota Seoul.

Salah satu faktor penting yang membuat mereka terus eksis adalah program-programnya, baik itu program reality show, dokumenter, berita, atau olahraga, serta tentu saja: drama-dramanya. Khusus drama, berbagai judul populer sudah dirilis dan mendapat sambutan beragam dari pemirsa. Berbagai drama tersebut tak hanya dinikmati penonton Korea saja, melainkan juga di seluruh dunia.

Saking banyaknya, tentu kita sedikit bingung jika mesti memilih beberapa judul saja yang jadi proyek terbaik MBC. Namun berikut ini kami kerucutkan jadi top 10. K-drama apa saja itu? Jom!

1. Jewel in the Palace (Dae Jang Geum) (2003)

Jang Geum

Kalau kita flashback ke belakang, drama Korea dengan tema sejarah ini pernah sangat booming di Indonesia. K-Drama ini memang memperoleh kesuksesan besar, baik secara popularitas maupun komersial. Proyek MBC ini juga meraup laba tinggi di negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, Iran, Kanada, dan lainnya. Seketika itu, dunia seperti diakrabkan dengan nilai kebudayaan Korea dan kita menerimanya dengan baik.

Nampaknya judul Jang Geum lebih populer ketimbang yang aslinya, Jewel in the Palace. Hal itu tak terlepas dari pesona kecantikan serta skill akting luar biasa yang ditunjukkan oleh aktris Lee Young-ae, sang pemeran utama Jang Geum. Siapa sangka, tokoh cantik dan cerdas ini ternyata diangkat dari realita.

Jang Geum adalah seorang perempuan yang hidup di zaman Dinasti Joseon. Tapi banyak yang percaya kalau deskripsi Jang Geum yang ada di drama ini tidak sepenuhnya benar. Bagaimana pun jua, pasti ada beberapa tambahan atau pengurangan untuk mendukung jalannya cerita. Namun yang jelas, K-Drama ini layak ada di urutan teratas untuk tayangan MBC tersukses, terbaik, dan terpopuler sepanjang masa.

2. Jumong (2006)

Jumong

Jumong atau Prince of the Legend menjadi drama Korea lain dari MBC yang bertemakan sejarah. Mereka menjual hak tayangnya ke berbagai saluran televisi dunia seperti di Iran, Indonesia, Turki, Amerika Serikat, dan lainnya. Distribusinya cukup luas. Drama ini memang disambut dengan antusias besar oleh pemirsa di luar negeri Korea.

Setting cerita ada di Dinasti Goguryeo. Ceritanya terpusat pada sosok Jumong, yang diperankan dengan apik oleh aktor ganteng Song Il-gook. Plot ceritanya begitu menarik. Begitupun dengan perkembangan karakter Jumong sendiri.

Awalnya Jumong digambarkan sebagai sosok pangeran yang terlihat tak berdaya. Jalan hidup membuatnya terpuruk, tapi kemudian ia bertemu dengan sosok So Seo-no (Han Hye-jin). Ia juga mengalami banyak hal yang terus menguatkannya dari waktu ke waktu. Semua itu tentu amat mendukung misi yang sudah ia wanti-wanti.

3. Coffee Prince (2007)

Coffee Prince

Drama ini memiliki judul asli Keopipeurinseu 1 Hojeom, atau The 1st Shop of Coffee Prince. Ceritanya diadaptasi dari novel dengan judul yang sama karya penulis Lee Sun-mi. Seperti yang diharapkan, seri drama Korea ini langsung menarik perhatian publik.

Di drama Korea ini, kita akan melihat penampilan lain dari Yoon Eun-hye yang memerankan diri sebagai Go Eun-chan. Ia begitu “tampan” dan memesona. Tak ada kesan feminin dalam dirinya, sehingga ia kerap disangka sebagai seorang laki-laki. Namun gaya tomboy itu membawa hikmah tersendiri manakala ia bertemu dengan Choi Han-kyul, yang diperankan oleh aktor tampan Gong Yoo.

Choi Han-kyul awalnya hanya memanfaatkan Go Eun-chan agar mau berpura-pura menjadi pacar gaynya. Ia juga mengajak gadis itu untuk menjalankan usaha warung kopi “Coffee Prince”. Kondisi Eun-chan yang memerlukan uang memaksanya untuk setuju. Ia sekaligus mesti menyembunyikan gendernya yang sebenarnya. Cerita terus berkembang, demikian juga dengan para karakternya.

4. The Great Queen Seondeok (2009)

The Great Queen Seondeok

MBC semakin menunjukkan keseriusannya untuk menyajikan tayangan berbau budaya Korea, termasuk dengan merilis drama kolosal Korea berjudul The Great Queen Seondeok ini. Ceritanya diadaptasi dari kisah nyata Ratu Seondeok dari Silla. Diprediksi dinasti tersebut ada di tahun 632 sampai tahun 647.

Drama kolosal ini awalnya hanya direncanakan tayang selama 50 episode saja. Namun respons penonton sangat positif. Hal itu tentu saja mendongkrak rating drama, sehingga produser dengan senang hati memperpanjang episodenya hingga menjadi 62 buah. Banyak pemeran drama ini yang meraih penghargaan di ajang MBC Drama Awards, salah satunya aktris Go Hyun-jung yang membawa pulang Daesang.

Sesuai judul, ceritanya memang tentang Ratu Seondeok. Nama kecil dari ratu tersebut adalah Deokman, seorang gadis kecil yang “dibuang” dan dipisahkan dari saudari kembarnya. Namun kemudian ia kembali ke tempat yang seharusnya ia berada, yakni Kerajaan Silla. Di sana, ia bersama saudarinya, Puteri Cheonmyeong, berjuang melawan Mishil dan segala rencana jahatnya.

5. Pasta (2010)

Pasta

Selanjutnya adalah Pasta yang sempat tayang di salah satu stasiun televisi Indonesia. Drama yang erat kaitannya dengan dunia kuliner ini berjalan selama 20 episode. Tak terlalu panjang, namun sangat berhasil menancapkan kesan mendalam di hati para penonton layar kaca. Rating drama ini juga cukup tinggi.

Dengan mengusung genre komedi-romantis, Pasta menceritakan kisah Seo Yoo-kyung sebagai pemeran utama. Gadis yang diperankan oleh Gong Hyo-jin ini menjadi seseorang yang memiliki passion kuat di dunia koki. Perjuangannya dimulai dari bawah, sampai kemudian di suatu momen ia berhasil mencuri hati Choi Hyun-wook yang diperankan oleh Lee Sun-kyun. Cerita perjuangannya dalam meraih cita-cita dipadukan dengan kisah asmara kompleksnya dengan Kepala Chef di tempatnya bekerja.

Pasta menjadi salah satu drama terbaik Gong Hyo-jin. Dua penghargaan berhasil ia raih lewat drama kuliner ini dari ajang MBC Drama Awards tahun 2010. Lawan mainnya, Lee Sun-kyun, menuai satu penghargaan dan satu nominasi. Mereka berdua juga meraih gelar Pasangan Terbaik di ajang tersebut

6. The Greatest Love (2011)

The Greatest Love

Sebagaimana halnya Pasta, drama berikut ini juga dibintangi oleh aktris imut nan menggemaskan, Gong Hyo-jin. Di sini ia berperan sebagai Goo Ae-jung. Ceritanya, ia adalah seorang mantan member girl band, yang nahasnya mesti disband alias bubar dengan kesan kurang baik di mata publik.

Sementara itu, ada tokoh lain bernama Dokko Jin. Ia adalah sosok yang memiliki rasa percaya diri berlebih, terkesan sombong namun bisa menepikan arogansinya manakala jatuh cinta pada Goo Ae-jung. Ia juga yang membantu gadis itu untuk kembali terjun ke dunia entertainment. Hanya saja, kisah mereka tak semulus yang dikira.

Skema ceritanya cukup menarik. Unsur komedi-romantisnya juga begitu lekat. Kita dibuat berdesir, lalu tertawa terbahak-bahak dengan adegan kocak para pemainnya. Drama ini menawarkan bonus berupa cameo banyak artis populer Korea lainnya, serta momen di mana karakternya memparodikan drama Korea lain yang sudah akrab di mata penonton.

7. Moon Embracing the Sun (2012)

Moon Embracing the Sun

Salah satu aktor tampan dan bersinar, Kim Soo-hyun, menjadi pemeran utama dalam drama bertema sejarah dan fantasi ini. Jalan ceritanya diangkat dari sebuah novel karya Jung Eun-gwol. Kalau secara Romanization, novelnya berjudul Haereul Pum-eun Dal atau The Sun and The Moon.

Drama ini tentu masuk list, sebab pada tahun 2012 saja, Moon Embracing the Sun sukses menjadi Drama Terbaik Tahun Ini dalam ajang MBC Drama Awards. Rating dan popularitasnya memang cukup tinggi. Demikian juga dengan ajang Baeksang Arts Awards Ke-48, yang memberikan gelar Drama dan Aktor Terbaik untuk tayangan ini.

Secara garis besar, K-drama berdurasi 20 episode ini menceritakan tentang seorang raja fiktif dari Dinasti Joseon yang terlihat selalu muram. Ia kemudian bertemu dengan seorang dukun perempuan tanpa nama. Ia sendiri yang kemudian menamainya Weol. Namun sosok perempuan tersebut mengingatkannya akan sebuah nama, Yeon-woo, gadis yang ia cintai dan gagal dijadikan isteri.

8. Gu Family Book (2013)

Gu Family Book

Drama yang tayang selama 24 episode ini menduetkan salah satu aktor dan aktris yang kerap difavoritkan fans. Mereka adalah Lee Seung-gi dan Bae Suzy. Pasangan rupawan ini saja sudah menarik, apalagi ditambah dengan ceritanya yang juga cukup unik.

Kita tak bisa mengekspektasikan Lee Seung-gi bermain sebagai direktur perusahaan yang kaya, tampan, dan gentle, lalu jatuh hati pada salah satu karyawannya yang lemah lembut. Dalam drama ini, ia memerankan Kang Chi, sosok setengah manusia dan setengah monster atau gumiho. Makhluk sepertinya tentu akan dihindari manusia mana pun.

Beruntung ia bertemu dengan Dam Yeo-wool, yang diperankan oleh Bae Suzy. Perempuan yang ahli memanah itu menerima Kang Chi apa adanya. Lebih lagi ia memang tak bisa melupakan apa yang sudah dilakukan lelaki tersebut padanya sewaktu kecil. Dirinya pernah diselamatkan dari serangan anjing. Perasaannya lambat laun mendapat sambutan dari Kang Chi, yang awalnya masih terpaku pada sosok Chung-jo (Lee Yu-bi).

9. Empress Ki (2013)

Empress Ki

Di saat drama-drama Korea membombardir pemirsa dengan tema romantis atau fantasi, Empress Ki datang dengan membawa nilai-nilai sejarah. Meski demikian, beberapa sosok yang jadi pusat cerita mesti dibuat fiksinya demi mendukung jalannya cerita. Demikian juga dengan alur ceritanya sendiri yang agak diotak-atik.

Permaisuri Ki yang mestinya bernama Ki Ja O berubah jadi Ki Seung-nyang. Lalu ada juga Raja Wang-yoo yang ternyata tidak tercatat dalam sejarah Korea. Demikian juga ketika Ki Seung-nyang memiliki anak dari Wang-yoo. Padahal jika berdasarkan sejarah, permaisuri tersebut memiliki keturunan dari Raja Huizong.

Meski demikian, fakta itu tak mengubah ketertarikan pemirsa TV. Konsep pseudo-sejarah yang mereka bawa tetap membetot apresiasi. Salah satu bukti kecilnya adalah ketika mereka memenangkan kategori Seri Drama Terbaik (Golden Bird Prize) dalam ajang Seoul International Drama Awards ke-9.

10. Kill Me, Heal Me (2015)

Kill Me, Heal Me

Dibandingkan judul lain yang ada di list ini, Kill Me, Heal Me menjadi drama terbaru yang tayang di tahun 2015 kemarin. Seri drama yang berjalan selama 20 episode ini juga memiliki daya tarik tersendiri. Topik yang diangkat terkait dengan trauma masa kecil serta kelainan berupa kepribadian ganda.

Orang-orang begitu terpukau dengan aksi Ji sung yang bermain sebagai Cha Do-hyun. Tentu tak mudah baginya untuk membawakan diri sebagai pengidap Dissociative Identity Disorder (DID) atau kepribadian majemuk. Bayangkan saja, Ji Sung harus memerankan tujuh kepribadian dalam drama ini! Sungguh luar biasa perjuangannya.

Kekurangan yang dideritanya itu mesti ia sembunyikan dari siapa pun, termasuk teman serta keluarganya yang kaya raya. Ia hanya memercayakan segalanya pada Oh Ri-jin, yang diperankan oleh Hwang Jung-eum. Perempuan tersebut menjadi dokter atau psikiater rahasianya. Ia juga jadi sosok yang lambat laun jatuh hati pada dirinya.

Selesai sudah kami ulas 10 Drama Korea MBC Terbaik Sepanjang Masa. Nah, apa K-Drama favorit kamu juga masuk? #RD

Komentar Anda