10 Drama Korea MBC Terbaik Sepanjang Masa

Drama MBC

MBC. Para penggemar K-Drama pasti familiar dengan nama ini, bukan? MBC atau Munhwa Broadcasting Corporation adalah satu di antara beberapa perusahaan penyiaran besar dan berpengaruh di Korea Selatan. Mereka sudah mulai beroperasi sejak tanggal 2 Desember 1961. Saluran televisi ini memiliki markas besar di DMC (Digital Media City), di Mapo-gu, kota Seoul.

Salah satu faktor penting yang membuat mereka terus eksis adalah program-programnya, baik itu program reality show, dokumenter, berita, atau olahraga, serta tentu saja: drama-dramanya. Khusus drama, berbagai judul populer sudah dirilis dan mendapat sambutan beragam dari pemirsa. Berbagai drama tersebut tak hanya dinikmati penonton Korea saja, melainkan juga di seluruh dunia.

Saking banyaknya, tentu kita sedikit bingung jika mesti memilih beberapa judul saja yang jadi proyek terbaik MBC. Namun berikut ini kami kerucutkan jadi top 10. K-drama apa saja itu? Jom!

–O–

1. Jewel in the Palace (Dae Jang Geum) (2003)

Jang Geum

Kalau kita flashback ke belakang, drama Korea dengan tema sejarah ini pernah sangat booming di Indonesia. K-Drama ini memang memperoleh kesuksesan besar, baik secara popularitas maupun komersial. Proyek MBC ini juga meraup laba tinggi di negara-negara lain seperti Malaysia, Thailand, Iran, Kanada, dan lainnya. Seketika itu, dunia seperti diakrabkan dengan nilai kebudayaan Korea dan kita menerimanya dengan baik.

Nampaknya judul Jang Geum lebih populer ketimbang yang aslinya, Jewel in the Palace. Hal itu tak terlepas dari pesona kecantikan serta skill akting luar biasa yang ditunjukkan oleh aktris Lee Young-ae, sang pemeran utama Jang Geum. Siapa sangka, tokoh cantik dan cerdas ini ternyata diangkat dari realita.

Jang Geum adalah seorang perempuan yang hidup di zaman Dinasti Joseon. Tapi banyak yang percaya kalau deskripsi Jang Geum yang ada di drama ini tidak sepenuhnya benar. Bagaimana pun jua, pasti ada beberapa tambahan atau pengurangan untuk mendukung jalannya cerita. Namun yang jelas, K-Drama ini layak ada di urutan teratas untuk tayangan MBC tersukses, terbaik, dan terpopuler sepanjang masa.

2. Jumong (2006)

Jumong

Jumong atau Prince of the Legend menjadi drama Korea lain dari MBC yang bertemakan sejarah. Mereka menjual hak tayangnya ke berbagai saluran televisi dunia seperti di Iran, Indonesia, Turki, Amerika Serikat, dan lainnya. Distribusinya cukup luas. Drama ini memang disambut dengan antusias besar oleh pemirsa di luar negeri Korea.

Setting cerita ada di Dinasti Goguryeo. Ceritanya terpusat pada sosok Jumong, yang diperankan dengan apik oleh aktor ganteng Song Il-gook. Plot ceritanya begitu menarik. Begitupun dengan perkembangan karakter Jumong sendiri.

Awalnya Jumong digambarkan sebagai sosok pangeran yang terlihat tak berdaya. Jalan hidup membuatnya terpuruk, tapi kemudian ia bertemu dengan sosok So Seo-no (Han Hye-jin). Ia juga mengalami banyak hal yang terus menguatkannya dari waktu ke waktu. Semua itu tentu amat mendukung misi yang sudah ia wanti-wanti.

NEXT

Leave a Reply