30 Fakta Unik Tentang Mike Tyson

Mike Tyson 1

Michael Gerard “Mike” Tyson adalah salah satu sosok paling menakutkan di atas ring tinju. Selain Muhammad Ali, Tyson adalah daya tarik terbesar bagi setiap orang di dunia untuk menyaksikan pertandingan tinju.

Tyson lahir di Brooklyn pada tanggal 30 Juni 1966. Ia dibesarkan oleh ibunya, Lorna Mae (Smith). Dari tahun 1987 sampai 1990, Tyson menjelma menjadi jawara tinju yang tak terbantahkan. Gelar WBC yang diraihnya pada November 1986 menjadikannya juara tinju kelas berat termuda sepanjang masa. Berbagai kalangan sepakat menyebut Tyson sebagai salah satu petinju terbaik dalam sejarah.

Berikut 30 fakta paling menarik dari sosok leher beton ini.

~o~

1. Pria yang memiliki tato di wajah ini dikenal sebagai sosok yang brutal dan liar, baik di dalam maupun di luar ring. Tyson pernah terlibat perkelahian jalanan dengan mantan lawannya di ring, Mitch Green, pada tahun 1988.

2. Tyson pernah dipenjara selama tiga tahun karena kasus pemerkosaan pada tahun 1991.

3. Selama di penjara itu, Tyson berpindah agama. Ia memeluk Islam.

4. Tyson memenangkan 19 pertandingan profesional awalnya lewat knockout, 12 darinya dilakukan di ronde pertama.

5. Petinju berjuluk Iron Mike ini menjadi petinju kelas berat pertama yang secara simultan memegang gelar WBA, WBC, dan IBF, serta menjadi satu-satunya petinju kelas berat yang bisa menyatukan gelar-gelar itu.

6. Pada tahun 1988, Tyson menjadi juara sejati setelah mengkanvaskan Michael Spinks dalam waktu 91 detik. Tyson telah sembilan kali mempertahankan gelarnya.

7. Hanya ada enam petinju kelas berat yang berhasil merebut kembali gelarnya setelah sempat lepas, yaitu Floyd Patterson, Muhammad Ali, Tim Witherspoon, Evander Holyfield, George Foreman, dan Mike Tyson.

8. Tyson adalah petinju bergaya orthodox. Di sepanjang karirnya, ia menang sebanyak 50 kali dan hanya kalah enam kali. 44 kemenangannya didapat lewat KO.

9. Sky Sports menyebut Tyson sebagai “petinju paling menakutkan yang penah ada” dan mendeskripsikannya sebagai “mungkin salah satu petinju paling ganas yang pernah menjejakkan kaki di ring.”

10. Tyson punya kakak perempuan bernama Denise yang meninggal pada usia 24 tahun karena serangan jantung.

NEXT

Leave a Reply