30 Fakta Unik Tentang Mike Tyson

Mike Tyson 1

Michael Gerard “Mike” Tyson adalah salah satu sosok paling menakutkan di atas ring tinju. Selain Muhammad Ali, Tyson adalah daya tarik terbesar bagi setiap orang di dunia untuk menyaksikan pertandingan tinju.

Tyson lahir di Brooklyn pada tanggal 30 Juni 1966. Ia dibesarkan oleh ibunya, Lorna Mae (Smith). Dari tahun 1987 sampai 1990, Tyson menjelma menjadi jawara tinju yang tak terbantahkan. Gelar WBC yang diraihnya pada November 1986 menjadikannya juara tinju kelas berat termuda sepanjang masa. Berbagai kalangan sepakat menyebut Tyson sebagai salah satu petinju terbaik dalam sejarah.

Berikut 30 fakta paling menarik dari sosok leher beton ini.

~o~

1. Pria yang memiliki tato di wajah ini dikenal sebagai sosok yang brutal dan liar, baik di dalam maupun di luar ring. Tyson pernah terlibat perkelahian jalanan dengan mantan lawannya di ring, Mitch Green, pada tahun 1988.

2. Tyson pernah dipenjara selama tiga tahun karena kasus pemerkosaan pada tahun 1991.

3. Selama di penjara itu, Tyson berpindah agama. Ia memeluk Islam.

4. Tyson memenangkan 19 pertandingan profesional awalnya lewat knockout, 12 darinya dilakukan di ronde pertama.

5. Petinju berjuluk Iron Mike ini menjadi petinju kelas berat pertama yang secara simultan memegang gelar WBA, WBC, dan IBF, serta menjadi satu-satunya petinju kelas berat yang bisa menyatukan gelar-gelar itu.

6. Pada tahun 1988, Tyson menjadi juara sejati setelah mengkanvaskan Michael Spinks dalam waktu 91 detik. Tyson telah sembilan kali mempertahankan gelarnya.

7. Hanya ada enam petinju kelas berat yang berhasil merebut kembali gelarnya setelah sempat lepas, yaitu Floyd Patterson, Muhammad Ali, Tim Witherspoon, Evander Holyfield, George Foreman, dan Mike Tyson.

8. Tyson adalah petinju bergaya orthodox. Di sepanjang karirnya, ia menang sebanyak 50 kali dan hanya kalah enam kali. 44 kemenangannya didapat lewat KO.

9. Sky Sports menyebut Tyson sebagai “petinju paling menakutkan yang penah ada” dan mendeskripsikannya sebagai “mungkin salah satu petinju paling ganas yang pernah menjejakkan kaki di ring.”

Baca Juga:  10 Lagu Taylor Swift Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler

10. Tyson punya kakak perempuan bernama Denise yang meninggal pada usia 24 tahun karena serangan jantung.

Mike Tyson 2

11. Salah satu momen tak terlupakan dari karir Tyson adalah ketika ia menggigit telinga Evander Holyfield sampai putus dalam pertandingan ulang di tahun 1997. Selain didiskualifikasi, Tyson juga didenda sebesar tiga juta dolar AS dan dikenai larangan bertanding selama setahun.

12. Di akta kelahirannya, ayah Tyson bernama Purcell Tyson yang berasal dari Jamaika. Namun ayah yang dikenal Tyson adalah Jimmy Kirkpatrick.

13. Tyson mengawali karir amatirnya dengan menyabet medali emas dalam event Junior Olympic Games tahun 1981 dan 1982.

14. Ibu Tyson meninggal ketika ia berusia 16 tahun. Tyson kemudian diadopsi oleh Cus D’Amato, manajer dan pelatih tinju yang pernah membesut petinju besar seperti Floyd Patterson.

15. Tyson adalah penggemar burung. Ia memelihara sekitar 100 merpati di rumahnya.

16. Sebuah film berjudul Tyson dirilis pada tahun 1995. Film arahan sutradara Uli Edel itu mengisahkan kehidupan Tyson dari ketika Cus D’Amato meninggal dunia hingga kasus pemerkosaan yang melibatkannya. Karakter Tyson diperankan oleh Michael Jai White.

17. Putri Tyson dari mantan pacarnya Sol Xochitl, Exodus, yang berusia empat tahun, tewas karena kecelakaan di treadmill. 11 hari setelah kematian putrinya, Tyson menikah untuk ketiga kalinya dengan Lakiha “Kiki” Spicer.

18. Tyson didiagnosa menderita gangguan bipolar.

19. Karena kekuatannya yang besar, banyak petinju merasa terintimidasi dengan Tyson. Hal ini semakin disokong dengan kecepatan dan akurasi pukulan, kordinasi, power, serta timing yang ia miliki. Tyson semakin sempurna berkat kemampuan bertahannya yang juga kuat.

20. Brad Pitt muda pernah terlibat skandal dengan istri Tyson. Hal ini membuat Tyson sangat geram dan hendak menghajar Pitt. Konon, Pitt merasa sangat ketakutan dan memohon agar Tyson tak menghajarnya.

Baca Juga:  10 Lagu Beyoncé Terbaik, Terlaris, dan Terpopuler

Mike Tyson 3

21. Pada bulan Agustus 2013, Tyson bekerja sama dengan CEO Acquinity Interactive, Garry Jonas, untuk membentuk perusahaan promosi tinju bernama Iron Mike Productions, yang sebelumnya dikenal sebagai Acquinity Sports.

22. Petinju berjuluk The Baddest Man on the Planet ini mendirikan Mike Tyson Cares Foundation pada bulan Oktober 2012. Misinya adalah untuk memberi kesempatan bertanding bagi anak-anak, khususnya anak broken home, dengan menyediakan pusat pelatihan yang inovatif.

23. Tyson beberapa kali muncul di film dan serial TV, seperti ketika ia tampil dalam film The Hangover.

24. Tyson juga sering muncul dalam acara gulat profesional WWE.

25. Tyson menantang Lennox Lewis yang memegang empat gelar pada tahun 2002. Pertarungan besar ini menyita begitu banyak perhatian dunia. Tyson dan Lewis sebenarnya pernah berlatih sparring dalam pertandingan yang digelar oleh Cus D’Amato pada tahun 1984.

26. Dua tahun menjelang pertarungan melawan Lewis, Tyson sering mengeluarkan kata-kata kasar dan intimidatif pada Lewis. Lewis menyudahi perlawanan Tyson di ronde kedelapan. Dan Tyson menunjukkan penghormatannya dengan memuji kemenangan Lewis.

27. Tyson tampil sebagai bintang tamu WrestleMania XIV dengan peran sebagai enforcer dalam pertandingan gulat profesional antara Shawn Michaels melawan Steve Austin. Tyson mendapat gaji tiga juta dolar AS kala itu.

28. Tyson juga sering berurusan dengan polisi karena penggunaan obat-obatan terlarang.

29. Tyson akan tampil dalam film Ip Man 3 yang dibintangi aktor laga Donnie Yen. Donnie mengaku sangat mengidolakan Tyson dan telah menonton banyak pertandingan profesionalnya. Senada dengan Donnie, Tyson juga menyatakan bahwa Donnie adalah aktor yang sangat diidolakannya. Ia mengaku sudah menonton dua film Ip Man lebih dari tiga kali.

30. Tyson telah menikah tiga kali dan punya delapan anak, satu di antaranya meninggal dunia.

Komentar Anda