30 Fakta Tentang Kota Venesia di Italia

Gambar Pemandangan Kota Venesia

Venice atau Venesia adalah sebuah kota indah Italia yang sangat terkenal di dunia. Kota yang disebut sebagai Ratu Adriatik ini punya keunikan yang hanya bisa disaingi oleh sedikit kota di dunia. Venesia memiliki lebih dari 100 pulau di laguna Laut Adriatik, berjarak sekitar 260 km dari timur kota Milan. Kanal, jembatan, dan gondola adalah ciri khas yang sangat menonjol dari Venesia. Keindahan kota ini telah menarik banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia. Berikut 30 fakta tentang ibukota wilayah Veneto ini yang mungkin ingin Anda ketahui.

~O~

1. Venesia memegang peranan penting dalam perkembangan musik operatik dan simfonik.

2. Venesia merupakan tempat kelahiran Antonio Vivaldi, salah satu komposer terbesar Italia.

3. Beberapa kalangan sejarawan percaya bahwa penduduk awal Venesia berasal dari kota-kota Romawi di dekat Venesia, seperti Altino, Aquileia, Concordia, Padua, Treviso, dan beberapa tempat lainnya.

4. Di Abad Pertengahan dan Zaman Renaisans, Venesia merupakan pusat perdagangan besar serta menjadi kota Eropa yang sangat kaya.

5. Ribuan orang datang setiap harinya mengunjungi Venesia. Pariwisata sudah menjadi sektor utama perekonomian kota ini sejak abad ke-18.

6. Beberapa tempat menarik yang paling sering dikunjungi turis antara lain Lido di Venezia, St Mark’s Basilica, Grand Canal, dan Piazza San Marco.

7. Karena kecantikannya, banyak orang asing yang berlomba membeli rumah di Venesia sehingga harga properti di sana pun naik. Hal ini memaksa banyak orang pindah ke daerah lainnya di wilayah Veneto.

8. Daya tarik Venesia bukan hanya terletak pada kanal-kanalnya, tapi juga arsitektur dan karya seninya. Keseluruhan wilayah Venesia telah dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.

9. Nama Venesia diambil dari nama orang-orang Veneti kuno yang mendiami wilayah timur laut Italia, di daerah yang kini menjadi wilayah Veneto.

10. Selama periode Renaisans dan Barok, Venesia menjadi pusat seni yang termasyhur dan menjadi pusat pengembangan cabang seni yang disebut Venetian School atau aliran Venesia.

NEXT

Leave a Reply