30 Fakta Tentang Kota Venesia di Italia

Venice atau Venesia adalah sebuah kota indah Italia yang sangat terkenal di dunia. Kota yang disebut sebagai Ratu Adriatik ini punya keunikan yang hanya bisa disaingi oleh sedikit kota di dunia. Venesia memiliki lebih dari 100 pulau di laguna Laut Adriatik, berjarak sekitar 260 km dari timur kota Milan. Kanal, jembatan, dan gondola adalah ciri khas yang sangat menonjol dari Venesia. Keindahan kota ini telah menarik banyak wisatawan dari berbagai belahan dunia. Berikut 30 fakta tentang ibukota wilayah Veneto ini yang mungkin ingin Anda ketahui.

Gambar Pemandangan Kota Venesia

1. Venesia memegang peranan penting dalam perkembangan musik operatik dan simfonik.

2. Venesia merupakan tempat kelahiran Antonio Vivaldi, salah satu komposer terbesar Italia.

3. Beberapa kalangan sejarawan percaya bahwa penduduk awal Venesia berasal dari kota-kota Romawi di dekat Venesia, seperti Altino, Aquileia, Concordia, Padua, Treviso, dan beberapa tempat lainnya.

4. Di Abad Pertengahan dan Zaman Renaisans, Venesia merupakan pusat perdagangan besar serta menjadi kota Eropa yang sangat kaya.

5. Ribuan orang datang setiap harinya mengunjungi Venesia. Pariwisata sudah menjadi sektor utama perekonomian kota ini sejak abad ke-18.

6. Beberapa tempat menarik yang paling sering dikunjungi turis antara lain Lido di Venezia, St Mark’s Basilica, Grand Canal, dan Piazza San Marco.

7. Karena kecantikannya, banyak orang asing yang berlomba membeli rumah di Venesia sehingga harga properti di sana pun naik. Hal ini memaksa banyak orang pindah ke daerah lainnya di wilayah Veneto.

8. Daya tarik Venesia bukan hanya terletak pada kanal-kanalnya, tapi juga arsitektur dan karya seninya. Keseluruhan wilayah Venesia telah dimasukkan ke dalam daftar Situs Warisan Dunia.

9. Nama Venesia diambil dari nama orang-orang Veneti kuno yang mendiami wilayah timur laut Italia, di daerah yang kini menjadi wilayah Veneto.

10. Selama periode Renaisans dan Barok, Venesia menjadi pusat seni yang termasyhur dan menjadi pusat pengembangan cabang seni yang disebut Venetian School atau aliran Venesia.

Foto Kota Venesia dari Atas

11. Karya seni paling terkenal dari Venesia adalah kerajinan kaca hias yang dikenal dengan nama gelas Venesia. Kerajinan ini terkenal di seluruh dunia karena warna, kerumitan, dan keindahannya.

12. Venesia juga menjadi tempat diselenggarakannya berbagai festival, misalnya Karnaval Venesia yang diselenggarakan setiap tahun dan berlangsung selama dua minggu. Dalam festival ini, topeng Venesia yang unik dikenakan.

13. Dua tokoh penjelajah besar dunia lahir di Venesia, yaitu Marco Polo dan Sebastian Cabot.

14. Venesia berhubungan erat dengan beberapa kota di dunia, dua di antaranya adalah Palembang dan Banjarmasin.

15. Pada akhir abad ke-13, Venesia berada di puncak kemakmurannya. Kota ini mempunyai 36.000 pelaut yang mengoperasikan 3.300 kapal dan mendominasi perdagangan Mediterrania.

16. Kemunduran Venesia dimulai pada abad ke-15 menyusul kegagalannya untuk menguasai kota Thessalonica dari Turki Ottoman. Venesia juga mengirim kapal untuk mempertahankan Konstantinopel yang dikepung Turki. Perang antara Turki dan Venesia berlangsung selama tiga puluh tahun dan membuat Venesia kehilangan banyak wilayahnya di timur Mediterrania.

17. Wabah mematikan Black Death menghancurkan Venesia pada tahun 1348 dan antara tahun 1575 sampai 1577. Dalam kurun waktu tiga tahun, wabah itu telah menewaskan 50.000 orang.

18. Wabah penyakit kembali menghantam Venesia, yaitu wabah Italia 1629–31 yang membunuh sepertiga dari total 150.000 penduduk Venesia.

19. Bangunan-bangunan di Venesia dikonstruksi dari tiang pancang kayu, yang bahkan masih bertahan selama ratusan tahun di bawah air. Fondasi diletakkan di plat batu kapur Istrian yang ditempatkan di atas tiang pancang. Bangunan dari batu bata atau batu dibangun di atas pondasi tersebut. Tiang pancang menembus lapisan lembut pasir dan lumpur sampai mencapai lapisan tanah liat terkompresi yang jauh lebih keras. Sebagian besar tiang pancang kayu ini dibuat dari batang-batang pohon alder yang terkenal tahan air.

20. Kota Venesia sering terkena ancaman banjir pasang dari perairan Adriatik antara musim gugur dan musim semi.

Keindahan Kota Venesia

21. Venesia memiliki iklim subtropis basah dengan musim dingin yang sejuk dan musim panas yang sangat hangat.

22. Selain pariwisata, perekonomian Venesia juga bergantung pada industri pembuatan kapal, jasa, perdagangan, serta ekspor.

23. Dalam sejarahnya, Venesia dibangun dari total 117 pulau kecil yang dipisahkan oleh 177 kanal di laguna dangkal yang dihubungkan dengan 409 buah jembatan.

24. Venesia tak sepenuhnya terdiri atas kanal, ada juga wilayah daratan yang terdiri atas lima regione atau sektor wilayah. Mestre adalah pusat area urban paling padat penduduknya. Ada beberapa layanan bus dan tram di sana.

25. Venesia memiliki satu airport bernama Marco Polo International Airport, yang diambil dari nama salah satu penduduknya yang paling terkenal, Marco Polo.

26. Populasi Venesia tak banyak berubah. Pada tahun 1000, penduduk kota ini diperkirakan berjumlah 60.000 jiwa. Pada tahun 1800 atau 800 tahun kemudian, jumlahnya naik hanya menjadi 140.000 jiwa. Dan di tahun 2009, penduduk Venesia kurang lebih berjumlah sekitar 270.000 jiwa.

27. Di masa kejayaannya, Venesia bernama Republik Venesia yang punya kekuatan maritim besar. Dalam perjalanannya, setelah melewati beberapa perang, republik ini dianeksasi Kekaisaran Austria sebelum pada akhirnya menjadi bagian dari kerajaan Italia di tahun 1866.

28. Selama Perang Dunia II yang melibatkan Italia, kota bersejarah ini relatif bebas dari serangan.

29. Menurut berbagai studi, kota ini terus tenggelam dalam kecepatan lambat, yaitu 1-2 mm per tahun.

30. Salah satu keunikan lain Venesia adalah kota ini tetap menjadi sebuah kota di abad ke-21 yang sepenuhnya berfungsi tanpa menggunakan mobil dan truk.

Komentar Anda