30 Fakta Unik dan Gambar Boneka Barbie Tercantik

Gambar Boneka Barbie

Boneka Barbie pasti sudah sangat kita kenal. Sosok boneka cantik ini diproduksi oleh perusahaan mainan asal Amerika, Mattel, Inc., sejak bulan Maret 1959. Selama bertahun-tahun, popularitas Barbie terus mengalami peningkatan di seluruh dunia.

Pencipta Barbie, Ruth Handler, mengaku mendapat inspirasi dari boneka Jerman bernama Bild Lilli. Sejak saat itu, berbagai macam boneka dan pernak-pernik Barbie terus berlahiran dan dijual ke seluruh dunia. Barbie bukan sekedar boneka, tapi telah menjadi bagian penting dalam membentuk kultur pop dan image kecantikan wanita.

Berikut 30 fakta tentang boneka Barbie beserta gambarnya.

~O~

Gambar Boneka Barbie 1

1. Sebelum Barbie diciptakan, seluruh boneka yang dimainkan anak-anak perempuan berbentuk bayi. Melihat kondisi ini, Ruth Handler termotivasi untuk menciptakan satu boneka perempuan dewasa sebagai mainan anak-anak.

Gambar Boneka Barbie 2

2. Ide Ruth menciptakan boneka berbentuk orang dewasa bermula ketika ia melihat anak perempuannya, Barbara, bermain boneka kertas dan memberi peran orang dewasa pada boneka-bonekanya.

Gambar Boneka Barbie 3

3. Ketika mengunjungi benua Eropa pada tahun 1956, Ruth yang membawa serta anak-anaknya, Barbara dan Kenneth, melihat boneka Jerman bernama Bild Lilli yang berbentuk orang dewasa. Boneka inilah yang menjadi inspirasi utama Ruth untuk menciptakan Barbie.

Gambar Boneka Barbie 4

4. Bild Lilli adalah sosok boneka perempuan dewasa berambut pirang yang sangat cantik. Boneka ini pertama kali dijual di Jerman pada tahun 1955 dan sebelumnya dijual pada orang dewasa. Boneka Lilli didasarkan pada karakter kartun yang muncul dalam koran Jerman, Bild Zeitung.

Gambar Boneka Barbie 5

5. Bentuk tubuh Barbie yang menyerupai wanita dewasa sempat memicu kontroversi di awal.

Gambar Boneka Barbie 6

6. Untuk mengatasi kontroversi ini, Mattel mengiklankan Barbie langsung pada anak-anak lewat televisi. Hal ini menjadikan Barbie mainan pertama yang memasarkan produknya lewat TV.

Gambar Boneka Barbie 7

7. Popularitas Barbie makin meningkat setelah Mattel mensponsori program Walt Disney, Mickey Mouse Club, pada tahun 1955.

Gambar Boneka Ken Barbie
Ken

8. Semakin tingginya minat pasar pada Barbie, Mattel kemudian menciptakan salah satu ‘askesori’ Barbie yang paling terkenal, yaitu teman prianya, Ken, pada tahun 1961.

Gambar Midge Barbie
Midge

9. Tak hanya Ken, pada tahun 1963 Mattel juga menciptakan figur baru bernama Midge, yang merupakan sahabat Barbie.

Boneka Skipper Barbie
Skipper

10. Pada tahun 1964, adik Barbie, Skipper, diciptakan oleh Mattel.

NEXT

Leave a Reply