30 Fakta Unik dan Gambar Boneka Barbie Tercantik

Gambar Boneka Barbie

Boneka Barbie pasti sudah sangat kita kenal. Sosok boneka cantik ini diproduksi oleh perusahaan mainan asal Amerika, Mattel, Inc., sejak bulan Maret 1959. Selama bertahun-tahun, popularitas Barbie terus mengalami peningkatan di seluruh dunia.

Pencipta Barbie, Ruth Handler, mengaku mendapat inspirasi dari boneka Jerman bernama Bild Lilli. Sejak saat itu, berbagai macam boneka dan pernak-pernik Barbie terus berlahiran dan dijual ke seluruh dunia. Barbie bukan sekedar boneka, tapi telah menjadi bagian penting dalam membentuk kultur pop dan image kecantikan wanita.

Berikut 30 fakta tentang boneka Barbie beserta gambarnya.

~O~

Gambar Boneka Barbie 1

1. Sebelum Barbie diciptakan, seluruh boneka yang dimainkan anak-anak perempuan berbentuk bayi. Melihat kondisi ini, Ruth Handler termotivasi untuk menciptakan satu boneka perempuan dewasa sebagai mainan anak-anak.

Gambar Boneka Barbie 2

2. Ide Ruth menciptakan boneka berbentuk orang dewasa bermula ketika ia melihat anak perempuannya, Barbara, bermain boneka kertas dan memberi peran orang dewasa pada boneka-bonekanya.

Gambar Boneka Barbie 3

3. Ketika mengunjungi benua Eropa pada tahun 1956, Ruth yang membawa serta anak-anaknya, Barbara dan Kenneth, melihat boneka Jerman bernama Bild Lilli yang berbentuk orang dewasa. Boneka inilah yang menjadi inspirasi utama Ruth untuk menciptakan Barbie.

Gambar Boneka Barbie 4

4. Bild Lilli adalah sosok boneka perempuan dewasa berambut pirang yang sangat cantik. Boneka ini pertama kali dijual di Jerman pada tahun 1955 dan sebelumnya dijual pada orang dewasa. Boneka Lilli didasarkan pada karakter kartun yang muncul dalam koran Jerman, Bild Zeitung.

Gambar Boneka Barbie 5

5. Bentuk tubuh Barbie yang menyerupai wanita dewasa sempat memicu kontroversi di awal.

Gambar Boneka Barbie 6

6. Untuk mengatasi kontroversi ini, Mattel mengiklankan Barbie langsung pada anak-anak lewat televisi. Hal ini menjadikan Barbie mainan pertama yang memasarkan produknya lewat TV.

Gambar Boneka Barbie 7

7. Popularitas Barbie makin meningkat setelah Mattel mensponsori program Walt Disney, Mickey Mouse Club, pada tahun 1955.

Gambar Boneka Ken Barbie
Ken

8. Semakin tingginya minat pasar pada Barbie, Mattel kemudian menciptakan salah satu ‘askesori’ Barbie yang paling terkenal, yaitu teman prianya, Ken, pada tahun 1961.

Baca Juga:  20 Gambar Animasi Chuggington Paling Lucu
Gambar Midge Barbie
Midge

9. Tak hanya Ken, pada tahun 1963 Mattel juga menciptakan figur baru bernama Midge, yang merupakan sahabat Barbie.

Boneka Skipper Barbie
Skipper

10. Pada tahun 1964, adik Barbie, Skipper, diciptakan oleh Mattel.

Gambar Boneka Barbie 8

11. Sejak tahun 1968, Mattel merilis boneka Barbie dan teman-temannya hanya dalam kulit berwarna, umumnya berkulit putih.

Gambar Boneka Barbie 9

12. Baru pada tahun 1980, perusahaan ini merilis boneka Barbie berkulit hitam atau keturunan Amerika-Afrika.

Gambar Boneka Barbie 10

13. Barbie tak pernah lepas dari kritikan. Sejak era 70’an, Barbie dikritik karena menonjolkan sisi materialisme, seperti mobil, rumah, dan pakaian mewah.

Gambar Boneka Barbie 11

14. Proporsi tubuh Barbie juga menjadi sasaran kritik. Menurut penelitian di Finlandia pada tahun 1994, andaikan Barbie adalah wanita nyata, maka ia takkan bisa menstruasi karena kekurangan lemak tubuh.

Gambar Boneka Barbie 12

15. Barbie tentu saja tidak mengajarkan cara merawat bayi pada anak-anak, sebaliknya, boneka ini menjadi model wanita karir yang bisa menghidupi dirinya sendiri.

Gambar Boneka Barbie 13

16. Barbie dirilis dalam berbagai model, seperti pilot, dokter, astronot, atlet, bahkan presiden AS. Hal ini mengisyaratkan bahwa Barbie juga mengusung ide kesetaraan gender dan pemberdayaan perempuan.

Gambar Boneka Barbie 14

17. Meski Mattel memposisikan Barbie sebagai sosok gadis Amerika, Barbie sebenarnya tidak pernah diproduksi di Amerika Serikat karena biayanya yang tinggi.

Gambar Boneka Barbie 15

18. Barbie saat ini melambangkan kapitalisme konsumer dan menjadi brand global Amerika layaknya Coca Cola, yang mempunyai pasar kunci di Eropa, Amerika Latin, dan Eropa.

Gambar Boneka Barbie 16

19. Pada tahun 2009, Mattel membuka toko Barbie enam lantai di Shanghai, yang dilengkapi dengan spa, studio desain, dan sebuah kafe di samping berbagai macam produk terkait Barbie yang dijual di sana.

Gambar Boneka Barbie 17

20. Barbie sebelumnya tidak pernah mendapat restu untuk dipasarkan di negara-negara Islam. Pada tahun 1995, Arab Saudi menghentikan penjualannya karena menilai pakaian Barbie bertolak belakang dengan pakaian wanita Muslim. Akhirnya, sejumlah boneka sejenis yang berhijab dipasarkan pada anak-anak perempuan Muslim.

Baca Juga:  Koleksi Foto Kecantikan Shin Min-ah ‘Tomorrow with You’

Gambar Boneka Barbie 18

21. Mattel mendaftarkan Barbie sebagai karya seni, namun boneka Barbie itu sendiri telah menginspirasi banyak karya seni, termasuk potret-potret Andy Warhol di tahun 1986 serta karya fotografi William Wegman dan David Levinthal.

Gambar Boneka Barbie 19

22. Barbie juga masuk ke dunia sastra. Beberapa novelis, termasuk A.M. Homes dan Barbara Kingsolver, menggunakan Barbie dalam kisah fiksi mereka.

Gambar Boneka Barbie 20

23. Meski penjualan Barbie di tahun 2000-an tak sekencang di era 90’an, penjualan Barbie masih bernilai lebih dari satu milyar dolar AS per tahun.

Gambar Boneka Barbie 21

24. Menurut Mattel, setiap detik ada dua boneka Barbie yang terjual di dunia.

Gambar Boneka Barbie 22

25. Barbie telah menjadi sasaran parodi di sepanjang kemunculannya. Mattel terus melawannya dengan mengajukan tuntutan hukum pada para pelakunya, biasanya adalah kalangan seniman.

Gambar Boneka Barbie 23

26. Mattel menyatakan bahwa di dunia ada sekitar 100.000 kolektor Barbie. 90%-nya adalah wanita, rata-rata berusia 40 tahun, yang membeli lebih dari 20 buah boneka Barbie setiap tahunnya.

Gambar Boneka Barbie 24

27. Mattel memicu kontroversi di tahun 2009 lewat pengenalan produk tato yang bisa diterapkan pada tubuh boneka Barbie, termasuk di bagian punggung bawah.

Gambar Boneka Barbie 25

28. Pada Maret 2015, Mattel mengumumkan bahwa boneka Barbie termutakhir akan dirilis, yakni boneka yang bisa berbicara dan bercakap melalui teknologi pengenalan suara.

Gambar Boneka Barbie 26

29. Pada Juni 2001, MGA Entertainment merilis seri boneka Bratz, yang menjadi pesaing serius Barbie untuk pertama kalinya dalam sejarah boneka fashion. Di beberapa tempat, penjualan Bratz bahkan sudah mengungguli penjualan Barbie, seperti di Inggris Raya. Persaingan panas ini kemudian berakhir di meja hijau.

Valeria Lukyanova
Valeria Lukyanova

30. Model asal Ukraina, Valeria Lukyanova, sempat mencuri perhatian masyarakat dan pers karena beberapa bagian tubuhnya dimodifikasi berdasarkan fisik Barbie (lihat gambar di atas).

Komentar Anda