7 Fakta Menarik di Balik Film Home Alone (1990)

Home Alone

Film komedi satu ini tentu sudah akrab dengan kita. Home Alone sudah sering diputar di televisi swasta kita dan masih sanggup mengundang banyak penonton. Film arahan sutradara Chris Columbus ini mengisahkan seorang bocah berusia delapan tahun bernama Kevin McCallister yang secara tak sengaja tertinggal di rumah ketika kedua orangtuanya pergi ke Paris dalam rangka liburan Natal. Sendirian di rumah, Kevin harus melindungi rumahnya dari dua orang perampok yang hendak menyatroni rumahnya di malam Natal. Petualangan yang seru pun tersaji.

Nah, berikut 7 fakta unik tentang film Home Alone.

1. Film Home Alone masuk dalam daftar Guinness World Records sebagai film komedi terlaris sepanjang masa. Keuntungan internasional yang dicetak film ini mencapai angka 533 juta dolar AS.

2. Pemeran perampok Harry Lime, Joe Pesci, sengaja menghindari Macaulay Culkin (pemeran Kevin) di lokasi syuting karena ia ingin Culkin mengira bahwa dirinya benar-benar jahat.

3. Pemeran Fuller (sepupu Kevin) adalah Kieran Culkin, yang sebenarnya merupakan adik kandung Macaulay Culkin.

4. John Candy, pemeran karakter Gus Polinski, mengimprovisasi semua dialognya. Adegan yang melibatkan dirinya disyuting dalam waktu satu hari.

5. Peran Kevin ditulis secara khusus untuk Macaulay Culkin oleh penulis naskah John Hughes. Meski demikian, ratusan aktor cilik diaudisi oleh sutradara Chris Columbus untuk memerankan Kevin. Columbus sebenarnya enggan memakai Culkin karena ia baru saja mengkastingnya untuk film Uncle Buck (1989). Namun setelah mengaudisi semua aktor cilik itu, ia sadar bahwa Culkin adalah pilihan terbaik untuk memerankan Kevin.

6. Kantor polisi yang ditampilkan dalam film ini sebenarnya adalah kantor sekolah menengah atas.

7. Sekitar 20 aktor papan atas Hollywood sempat dipertimbangkan untuk mengisi peran sebagai ayah Kevin, Peter McCallister. Beberapa di antaranya adalah Tom Hanks, Sylvester Stallone, Kevin Costner, John Travolta, Mel Gibson, Harrison Ford, Jack Nicholson, Michael Douglas, Sean Penn, dan Bill Murray.

Leave a Reply