20 Fakta di Balik Film Scarface (1983)

Scarface

Scarface adalah film drama laga kriminal yang dibintangi Al Pacino si raja film mafia. Film arahan sutradara Brian De Palma ini mengisahkan sepak terjang Tony Montana, seorang imigran Kuba yang datang ke kota Miami di tahun 1980-an untuk mengadu nasib. Perlahan tapi pasti, Montana yang bergerak di bisnis perdagangan obat-obatan terlarang ini mulai merambah ke atas. Ia kemudian menjadi gembong narkoba yang sangat kuat dan serakah, yang pada akhirnya akan menghancurkan segala yang ia bangun.

Berikut 20 fakta menarik tentang film Scarface.

1. Film yang sukses secara finansial ini menuai kritikan dari sejumlah kalangan tentang tingkat kekerasan yang ditampilkannya. Beberapa ekspatriat Kuba juga keberatan dengan penggambaran orang Kuba sebagai penjahat dan mafia papan atas. Kalangan lain berpendapat Scarface adalah film mafia terbaik yang pernah dibuat.

2. Film ini sebenarnya merupakan remake dari film Scarface tahun 1932 yang dibintangi Paul Muni. Al Pacino tertarik untuk membintangi film ini setelah ia menontonnya di Tiffany Theater ketika sedang berada di Los Angeles.

3. Al Pacino mendesak untuk memerankan Tony Montana setelah Robert De Niro, raja film mafia lainnya, menolak tawaran yang diberikan padanya.

4. Untuk menghidupkan perannya, Al Pacino berlatih dengan ahli pertarungan pisau, pelatih fisik, sekaligus petinju Robert Duran.

5. Steven Bauer (pemeran Manny Ribera) dan seorang pelatih dialek membantu Al Pacino mempelajari aspek-aspek bahasa Spanyol Kuba serta pengucapannya. Al Pacino juga mengaku terpengaruh oleh penampilan Meryl Streep sebagai imigran dalam film Sophie’s Choice (1982).

6. Michelle Pfeiffer, pemeran Elvira Hancock, bukanlah seorang aktris yang terkenal pada waktu itu. Sutradara De Palma dan Al Pacino sempat menolak pengkastingannya, namun produser Martin Bregman memperjuangkan Pfeiffer agar tetap masuk dalam film ini. Glenn Close sebenarnya adalah pilihan utama untuk memerankan Elvira, meski beberapa aktris lain juga dipertimbangkan, seperti Sharon Stone, Carrie Fisher, dan lainnya.

7. Bauer mendapat peran Manny secara instan tanpa audisi. Sutradara kasting Alixe Gordin yang melihat Bauer langsung yakin bahwa ia adalah orang yang paling tepat memerankan Manny. John Travolta sempat dipertimbangkan untuk memerankan karakter ini.

8. Al Pacino mengalami cedera ketika berlatih untuk adegan baku tembak. Tangannya terjepit laras pistol yang panas dan ia tak bisa segera melepaskannya. Cedera itu membuatnya absen selama dua minggu.

9. Sutradara top Steven Spielberg yang mengunjungi lokasi syuting mendapat kesempatan untuk mengarahkan satu pengambilan gambar adegan baku tembak.

10. Meski film ini berlatar belakang di Miami, sebagian besar syuting dilakukan di Los Angeles.

NEXT

Leave a Reply