14 Fakta Seru Tentang Drama Korea Yong-pal

Yong-pal

Drama medis yang seru tersaji dalam Yong-pal, sebuah kisah seorang dokter bedah jenius dengan seorang wanita cantik yang koma. Sejak kasting, drama ini sudah diprediksi akan booming mengingat hadirnya Joo Won, sang penjamin rating drama. Hal itu semakin disempurnakan dengan dikastingnya aktris tercantik Korea versi netizen, Kim Tae-hee, sebagai pendampingnya. Beberapa nama lain yang juga memperkuat line-up drama ini adalah Jo Hyun-jae, Chae Jung-an, serta Jung Woong-in. Yong-pal adalah salah satu drama terbaik yang dirilis di tahun 2015.

Berikut 14 fakta menarik tentang drama yang juga berjudul The Gang Doctor ini.

1. Awalnya, Yong-pal direncanakan tayang dalam 16 episode. Namun mengingat popularitas drama ini yang tinggi, ditandai dengan ratingnya yang terus merangkak dari 9,2% di awal hingga 19,2% di episode ke-16, maka produser memutuskan untuk menambahkan dua episode lagi. Rating rata-rata drama ini sangat baik, yaitu 16,4% secara nasional.

2. Secara individual, Kim Tae-hee dan Joo Won menuai beberapa penghargaan di ajang SBS Drama Awards tahun 2015. Secara kolektif, mereka mendapat satu penghargaan sebagai pasangan terbaik.

3. Yong-pal dinobatkan sebagai drama terbaik dalam ajang Hallyu Awards 2015.

4. Delapan negara Asia, termasuk Indonesia (ONE TV ASIA), turut menyiarkan Yong-pal.

5. Yong-pal dipertimbangkan untuk dibuat ulang (remake) untuk penonton Amerika Serikat. Belakangan dipastikan bahwa remake Rusia yang diproduksi Sony Pictures Studios sedang dalam tahap pengembangan.

6. Dalam sebuah diskusi antara eksekutif drama dengan HB Entertainment, ada kemungkinan bahwa Yong-pal akan dibuatkan season kedua. Produser saat ini sedang menggodok formatnya.

7. Model Stephanie Lee melakukan debut penuhnya sebagai aktris dalam Yong-pal sebagai Cynthia. Ia melakukan banyak hal untuk mendalami perannya, seperti mengenakan makeup dan pakaian seperti Cynthia dan meminta teman-temannya memanggilnya Cynthia.

8. Kim Tae-hee kerap dikritik karena aktingnya yang kurang prima dalam drama-drama sebelumnya. Tapi dalam Yong-pal, Tae-hee justru mendapat pujian dari banyak kalangan.

9. Joo Won mengaku kehilangan berat badannya sebanyak 7 kg semenjak awal syuting Yong-pal. Selain jadwal syuting yang padat, banyak adegan-adegan laga yang harus ia lakukan sendiri.

10. Sempat muncul kegaduhan bahwa Yong-pal menjiplak beberapa bagian webtoon berjudul City Conquest 7. Tuduhan itu langsung disanggah HB Entertainment selaku perusahaan produksi Yong-pal.

11. Kesalahan editing sempat terjadi di episode 4. Produser langsung meyatakan permintaan maaf pada pemirsa karena kesalahan itu. Kesalahan itu sebenarnya cukup kecil, yakni satu adegan disiarkan dua kali dalam satu episode.

12. Berapa gaji Kim Tae-hee dan Joo won per episode? Menurut kabar yang beredar, Kim Tae-hee dibayar sebesar 40 juta won (sekitar 460 juta rupiah) per episode. Bayaran itu memang sangat fantastis meski adegan yang ia tampilkan relatif sedikit dan didominasi adegan koma. Standar gaji Tae-hee memang sangat tinggi sebagai sosok aktris top Korea yang mampu mengkatrol rating. Gaji Joo Won pun tak jauh berbeda dengan Tae-hee, meski nominalnya tak disebutkan.

13. Sahabat Kim Tae-hee, aktris Honey Lee, mengirimkan truk kopi ke lokasi syuting Yong-pal. Mereka memang sudah bersahabat sejak masih kuliah.

14. Yong-pal seolah menjadi pertunjukan tunggal Joo Won. Ia bekerja sangat keras dan tampak begitu kelelahan. Itulah salah satu alasan mengapa fans Joo Won menolak ide untuk memperpanjang drama ini. Meski begitu, Joo Won masih muncul di sebuah restoran di Seoul untuk menunjukkan apresiasi pada fans drama ini dengan cara menemui media.

One Comment

Leave a Reply