5 Fakta Tentang Drama Korea Assembly

Assembly

Ingin menonton drama Korea bertemakan politik? Tonton Assembly, sebuah drama KBS2 yang ditayangkan dalam 20 episode. Jung Jae-young, Song Yun-ah, serta Ok Taecyeon diplot sebagai pemeran utama dalam serial garapan Hwang In-hyuk ini. Drama ini menceritakan sepak terjang seorang tukang las di galangan kapal bernama Jin Sang-pil yang mendapat PHK dari perusahaannya. Ia pun berjuang untuk menjadi jubir serikat pekerja dan secara mengejutkan ia terpilih menjadi anggota dewan nasional. Kisah percaturan politik yang menarik pun dimulai dari titik ini.

Berikut sejumlah fakta terunik yang perlu kamu tahu tentang drama ini.

1. Jin Sang-pil diperankan oleh Jung Jae-young, aktor sarat pengalaman yang sudah malang melintang di dunia film dan drama panggung. Meski begitu, aktor yang kenyang penghargaan ini baru kali ini berakting di layar kaca lewat sebuah drama.

2. Jung Hyun-min, penulis naskah Assembly, sebelumnya pernah bekerja sebagai ajudan salah seorang anggota dewan nasional. Ia juga pernah menjadi salah satu penulis naskah drama politik President di tahun 2010.

3. Mengusung ide cerita yang cukup serius, Assembly hanya mampu meraih sejumlah kecil penonton. Ratingnya hanya berkisar di angka 4-6% dari awal hingga akhir. Drama ini kalah bersaing dengan Yong-pal dan Scholar Who Walks the Night.

4. Kim Seo-hyung yang berperan sebagai Hong Chan-mi mendapat penghargaan Aktris Pendukung Terbaik dalam ajang KBS Drama Awards 2015.

5. Meski ratingnya rendah, Assembly menduduki peringkat pertama dalam chart CPI (Content Power Index), yang dikembangkan oleh CJ E&M dan Nielsen Korea untuk mengukur tingkat popularitas suatu program di internet melalui beberapa instrumen pengukuran seperti rating artikel tentang program tersebut, peringkat pencarian di portal online, serta tingkat popularitas di media sosial.

Leave a Reply