15 Fakta di Balik Film Steve Jobs (2015)

Steve Jobs

Sesuai judulnya, film yang diangkat dari biografi Steve Jobs karya Walter Isaacson ini menceritakan kehidupan sosok penting di dunia IT sekaligus pendiri Apple Inc., Steve Jobs. Dibintangi oleh Michael Fassbender, Kate Winslet, Seth Rogen, dan Jeff Daniels, film ini membagi kisah hidup Jobs menjadi tiga bagian yang membentang dalam periode waktu 40 tahun, antara tahun 1984 sampai 1998. Film ini akan menjawab rasa penasaran Anda tentang bagaimana Jobs menciptakan sebuah revolusi digital dengan berbagai inovasinya. Inilah 15 fakta yang perlu Anda tahu dari film Steve Jobs.

1. Sahabat Steve Jobs sekaligus rekan pendiri Apple Inc., Steve Wozniak, ditunjuk sebagai konsultan dalam film berdurasi 122 menit ini.

2. Film ini mengantarkan aktris utama, Kate Winslet, meraih Golden Globe. Ia dan lawan mainnya, Michael Fassbender, juga dinominasikan meraih Oscar.

3. Dalam sebuah wawancara, Michael Fassbender yang diplot sebagai Steve Jobs mengatakan bahwa Christian Bale sebenarnya lebih cocok untuk memerankan Jobs. Ia bahkan menelpon Bale untuk memberitahunya tentang proyek film ini.

4. Posisi sutradara awalnya dipegang oleh David Fincher. Namun ia meminta bayaran sangat tinggi, yakni 10 juta dolar AS, serta kendali penuh atas proyek ini. Studio tidak bersedia memenuhi permintaannya itu, dan akhirnya ia pun keluar dari proyek. Posisinya akhirnya diberikan pada Danny Boyle.

5. Awalnya, Leonardo DiCaprio ditawari peran sebagai Steve Jobs, namun ia menolaknya, demikian juga dengan Christian Bale.

6. Kate Winslet mendengar tentang proyek film ini dari periasnya ketika ia sedang bermain dalam film The Dressmaker. Kate menjadi sangat tertarik setelah mengetahui siapa sutradara dan pemainnya. Ia kemudian mengirim fotonya mengenakan wig hitam dan ia kemudian diberi naskah. Akhirnya, setelah bertemu dengan Boyle, Kate pun resmi direkrut membintangi film ini.

7. Michael Fassbender menghafal keseluruhan naskah film setebal 180 halaman.

8. Film ini adalah film ketiga yang mengangkat kisah hidup Steve Jobs. Dua film sebelumnya adalah Silicon Valley (1999) dan Jobs (2013).

9. Karakter Joanna Hoffman sebenarnya juga pernah ditawarkan pada Jessica Chastain. Natalie Portman dikabarkan juga diajak berbicara tentang kemungkinannya bermain dalam film ini.

10. Penulis skenario Aaron Sorkin sebenarnya tak pernah bertemu dengan Steve Jobs secara langsung, tapi ia pernah berbicara via telepon dengan Jobs sebanyak tiga kali.

11. Syuting film ini dimulai pada tanggal 16 Januari 2015 di rumah yang ditinggali Steve Jobs semasa kecil di daerah Los Altos, California.

12. Secara kesuluruhan, film ini memiliki 22 lagu soundtrack dengan total durasi 82:04. Album film ini juga menampilkan tembang-tembang The Libertines, Bob Dylan, dan The Maccabees.

13. Aaron Sorkin sebenarnya menginginkan Tom Cruise untuk memerankan Steve Jobs.

14. Foto hiu yang dipakai dalam film ini menjadi subyek gugatan hak cipta oleh seorang fotografer.

15. Audisi film ini tidak menggunakan naskah Aaron Sorkin, melainkan naskah dari serial TV The Newsroom karya Sorkin.

Leave a Reply