10 Fakta Menarik Saul Hudson alias Slash

Slash

Sosok pria eksentrik ini begitu akrab bagi para pecinta musik, khususnya musik rock. Saul Hudson atau Slash bukan hanya gitaris, tapi juga seorang penulis lagu serta produser musik. Slash lahir di London, Inggris, pada tanggal 23 Juli 1965. Ia membawa band hard rock Guns N’ Roses berjaya di akhir 80-an hingga awal 90-an. Berbagai pencapaian yang diraih Slash membuat dirinya disebut sebagai salah satu gitaris rock n’ roll terbaik sepanjang masa. Slash punya keunikan tersendiri ketika manggung. Ia nyaris selalu tampil mengenakan topi dan kacamata hitam serta menyulut sebatang rokok.

Berikut 10 hal yang perlu Anda tahu dari sosok Slash.

1. Kedua orangtua Slash bekerja di dunia hiburan. Ibunya adalah desainer pakaian, salah satu kliennya adalah David Bowie. Sedangkan ayahnya adalah sutradara artistik di sebuah perusahaan rekaman.

2. Pada pertengahan tahun 70-an, orangtua Slash berpisah dan ia pun tinggal dengan neneknya. Pada saat itulah Slash tertarik pada dunia BMX. Ia mengikuti berbagai kompetisi dan memenangkan banyak uang serta penghargaan.

3. Di tahun 1979, Slash bersama sahabatnya, Steven Adler, membentuk sebuah band. Karena Adler sudah mengambil posisi gitaris utama, Slash pun belajar bermain bas.

4. Slash adalah kolektor gitar Gibson Les Paul vintage. Ia selalu tampil membawa gitar Gibson Les Paul dengan berbagai warna.

5. Topi bundar hitam adalah ciri khasnya. Sebenarnya, Slash mencuri topi itu dari sebuah toko jalanan beserta sebuah sabuk. Ia memotong sabuk itu dan melingkarkannya pada topi.

6. Selama bertahun-tahun Slash mencandu alkohol dan narkotika, hingga pada usia 35 tahun ia didiagnosa menderita kardiomiopati, sejenis gagal jantung kongestif. Slash awalnya bahkan divonis hanya bisa hidup antara enam hari sampai enam minggu, namun ia bertahan berkat terapi fisik dan implantasi defibrilator.

7. Salah satu ciri khas Slash yang lainnya adalah rokok yang selalu terlihat menggantung di mulutnya. Namun pada tahun 2009 ia memutuskan berhenti merokok menyusul kepergian ibunya akibat kanker.

8. Meski bukan aktor sejati, Slash beberapa kali tampil di serial TV dan film, salah satunya film laga The Dead Pool.

9. Slash memang terlihat garang di panggung, tapi siapa sangka ia ternyata begitu menggemari game-game Angry Birds. Ia bahkan mengaransemen ulang lagu tema Angry Birds Space menjadi versi hard rock.

10. Slash adalah anggota dewan kehormatan Little Kids Rock, sebuah organisasi nonprofit yang mempunyai misi untuk merevitalisasi program pendidikan musik anak-anak kurang mampu di sekolah umum.

Leave a Reply