5 Film Bertema Mesir Kuno Terbaik dan Terpopuler

Film Mesir Kuno

Apakah Anda salah satu penyuka film-film tentang petualangan seru di Mesir Kuno? Anda tak sendiri, karena film-film sejenis ini punya segmentasi penggemar yang besar. Mesir kuno yang antik menyimpan banyak misteri dan daya tarik yang menginspirasi banyak sineas dunia untuk membuat film tentang piramida, mumi, kerajaan, fir’aun, atau segala mistik berkaitan tentang dunia Mesir Kuno.

Sebenarnya, film-film bertemakan Mesir Kuno sudah sangat lama dibuat, seperti film Cleopatra di tahun 1912 atau The Mummy di tahun 1932. Namun dalam daftar ini kami akan menghadirkan film-film kontemporer yang lebih populer, yang pastinya sudah tak asing lagi untuk Anda.

Berikut sajiannya khusus untuk Anda.

~O~

Exodus: Gods and Kings

Dibintangi oleh: Christian Bale, Joel Edgerton

Exodus Gods and Kings

Film tahun 2014 ini mengangkat kisah Nabi Musa alias Moses yang terinspirasi dari kisah eksodus di Injil. Film ini sangat sensitif agama dan menimbulkan banyak kontroversi, namun tetap sukses membukukan keuntungan besar di box office. Christian Bale memerankan Moses yang memimpin kaumnya meninggalkan Mesir yang dipimpin fir’aun lalim, Ramesses II. Namun Ramesses II tak tinggal diam, ia dan bala pasukannya mengejar kaum Moses hingga mereka sampai pada jalan buntu, yaitu Laut Merah.

The Mummy

Dibintangi oleh: Brendan Fraser, Rachel Weisz

The Mummy

Film yang merupakan remake longgar dari film The Mummy tahun 1932 menyajikan kisah petualangan seru dan sedikit kocak tentang Richard “Rick” O’Connell, seorang petualang Amerika yang bekerja untuk Legiun Asing Perancis dan pernah mengunjungi situs kota kuno Hamunaptra. Evelyn dan kakaknya, Jonathan, menemui Rick di penjara Kairo dan bernegosiasi dengannya: jika Rick mau menunjukkan jalan ke kota itu, maka ia akan dibebaskan. Rick terpaksa menyetujuinya dan mereka bertiga pun melakukan petualangan besar di sana.

The Mummy Returns

Dibintangi oleh: Brendan Fraser, Rachel Weisz

The Mummy Returns

Film ini adalah inspirasi untuk film The Scorpion King. Sebagai kelanjutan dari The Mummy, Rick dan Evelyn kembali mengujungi situs Mesir Kuno untuk mencari artefak, kali ini bersama putra mereka, Alex. Jauh sebelumnya, ada legenda tentang Scorpion King yang memimpin pasukannya untuk menguasai dunia, namun gagal. Ia menjual jiwanya pada Anubis dan seketika ia dihapus dari sejarah. Kisah legendaris Scorpion King akan berkelindan dengan bangkitnya kembali Imhotep yang punya rencana jahat serta upaya Rick dan Evelyn menyelamatkan putra tercinta mereka.

The Scorpion King

Dibintangi oleh: Dwayne Johnson, Kelly Hu, Grant Heslov, Michael Clarke Duncan

The Scorpion King

Kisah tentang Scorpion King yang disebut dalam The Mummy Returns terjadi 5000 tahun sebelum kisah Rick dan Evelyn. Film ini menceritakan Mathayus, orang Akkadia asli yang tersisa, yang bersama rekan-rekannya ditugaskan oleh Raja Pheron dari tiga suku yang tersisa untuk membunuh Cassandra, penyihir raja Memnon yang jahat. Siapa sebenarnya Cassandra dan apakah Mathayus mampu menghancurkan Memnon dan menjadi Scorpion King? Kesuksesan film The Scorpion King tak bisa disamai oleh tiga sekuelnya yang menuai banyak kritikan miring.

Gods of Egypt

Dibintangi oleh: Gerard Butler, Brenton Thwaites, Nikolaj Coster-Waldau

Gods of Egypt

Film fantasi ini menampilkan beberapa dewa Mesir Kuno. Set adalah dewa kegelapan yang kejam dan tak kenal ampun. Ia menguasai tahta Mesir dan mengubah kerajaan yang dulunya damai dan makmur menjadi pusat konflik dan kericuhan. Hanya sedikit pemberontak yang berani melawannya. Bek, seorang pencuri muda, maju melawan Set dengan bantuan dewa Horus yang perkasa. Selain ingin menyelamatkan dunia, Bek juga ingin menyelamatkan orang yang ia cinta. Gods of Egypt dirilis pada bulan Februari 2016 dalam format 2D, RealD 3D, dan IMAX 3D.

Leave a Reply