Mini Biografi Tokoh Dunia: Jane Addams

Jane Addams

Jane Addams adalah pekerja sosial yang mengabdikan hidupnya untuk membantu orang miskin dan menyerukan perdamaian dunia. Ia mendirikan Hull House untuk melayani imigran miskin di Chicago, Illinois, Amerika Serikat. Hull House merupakan salah satu lembaga pertama dari jenisnya di Amerika Utara.

Jane Addams lahir di Cedarville, Illinois, pada tanggal 6 September 1860. Ia lulus dari perguruan tinggi pada tahun 1882 dan kemudian pergi ke Eropa. Di kantung kemiskinan London, Inggris, ia mengunjungi Toynbee Hall. Para lulusan universitas tinggal di sana dan bekerja untuk meningkatkan kehidupan di lingkungan itu. Daerah itu dikenal sebagai pemukiman sosial pertama di dunia. Addams mengambil ide ini dan membawanya ke Amerika Serikat.

Pada tahun 1889, Addams dan teman sekelas, Ellen Gates Starr, menyewa sebuah rumah besar di Chicago. Mereka pindah ke sana dan membuka rumah itu untuk para imigran yang mengadu nasib di negara baru mereka. Addams dan Starr menyebut pemukiman sosial mereka dengan nama Hull House sesuai nama pembangunnya, Charles Hull. Hull House mulai berfungsi sebagai pusat penitipan di siang hari, taman kanak-kanak, gimnasium, dan agen tenaga kerja. Mereka mengajarkan berbagai jenis keterampilan dan bahkan mendirikan sebuah teater. Semua program ini akhirnya dilaksanakan di 13 bangunan.

Addams terlibat dalam banyak kegiatan sosial. Ia memperjuangkan undang-undang untuk melawan perburuhan anak, untuk melindungi hak-hak pekerja, dan untuk mendapatan hak pilih perempuan. Addams percaya bahwa negara harus menangani perbedaan pendapat secara damai. Ia menentang Perang Dunia I meskipun pendapatnya itu membuatnya kurang populer. Pada tahun 1931, Addams memenangkan hadiah Nobel perdamaian.

Addams tinggal di Hull House sampai kematiannya pada tanggal 21 Mei 1935. Hull House asli telah dijadikan museum untuk menghormati dirinya.

Leave a Reply