7 Fakta Unik Film Prince of Persia: The Sands of Time (2010)

Prince of Persia The Sands of Time

Prince of Persia: The Sands of Time adalah sebuah film fantasi laga yang berlatar belakang di zaman kuno, tepatnya di masa kekuasaan Kekaisaran Persia. Film berdurasi 116 menit ini menampilkan Jake Gyllenhaal dan Gemma Arterton sebagai pemeran utama serta Ben Kingsley, Alfred Molina, dan Richard Coyle sebagai pemeran pendukung. Kisahnya berpusat pada Dastan, sosok pangeran Persia yang tampan dan gagah berani. Pada satu titik Dastan berhasil mendapatkan sebuah pisau yang memiliki kemampuan spesial yang membawanya pada petualangan panjang.

Berikut sejumlah fakta unik di balik film ini.

1. Dua aktor kenamaan, Orlando Bloom dan Zac Efron, sempat diisukan untuk memerankan tokoh Dastan sebelum akhirnya Jake Gyllenhaal mendapatkan peran tersebut. Peran pangeran itu bahkan awalnya sudah ditawarkan pada bintang Bollywood, Hrithik Roshan.

2. Prince of Persia: The Sands of Time terbilang sukses secara komersial. Dengan budget yang diperkirakan mencapai 150 sampai 200 juta dolar, film arahan sutradara Mike Newell ini berhasil mengantongi keuntungan hingga 336 juta dolar AS.

3. Meski dirilis pada tahun 2010, film ini sudah melangsungkan syuting sejak Juli 2008, bertempat di Maroko dan London. Syuting di Maroko memerlukan waktu delapan minggu sebelum kemudian pindah ke Pinewood Studios di Inggris.

4. Pemeran karakter Garsiv sebenarnya adalah Rey-Phillip Santos. Namun Santos mengalami kecelakaan motor di lokasi syuting dan posisinya digantikan oleh Toby Kebbell.

5. Film ini diangkat dari video game dengan judul sama. Di samping itu, ada juga elemen yang diambil dari dua game lainnya, Warrior Within dan The Two Thrones, yang termasuk dalam franchise game Prince of Persia.

6. Sempat muncul wacana bahwa film ini akan dibuatkan sekuel dengan Michael Bay sebagai sutradara. Jake Gyllenhaal juga mengutarakan bahwa dirinya siap untuk kembali memerankan Dastan. Namun hingga saat ini (awal 2016) sekuel itu belum ada kabarnya.

7. Musisi top Alanis Morissette adalah orang yang mengaransemen dan membawakan lagu tema film ini, “I Remain”. Ia dibantu oleh Mike Elizondo.

Leave a Reply