7 Fakta Unik di Balik Film The One (2001)

The One

Film bergenre fiksi ilmiah ini dipadukan secara apik dengan bela diri ala Jet Li, yang menjadi pemeran utama dalam film ini bersama aktor laga Jason Statham. Di samping mereka, ada dua pemeran utama lainnya, yaitu Delroy Lindo dan Carla Gugino. Disutradarai oleh James Wong, The One mengusung ide cerita unik tentang dunia paralel. Jet Li mendapatkan peran sebagai Gabriel Yulaw yang memburu kembarannya dari dunia lain, membunuh mereka semua, lalu menyerap energi mereka dengan keyakinan bahwa ia akan kekal dan menjadi ‘The One.”

Berikut tujuh fakta yang perlu Anda tahu dari film The One.

1. Film ini awalnya akan dibuat dengan Dwayne Johnson sebagai pemeran utamanya. Judul sementara yang diusung kala itu adalah The Rock Movie. Namun Dwayne lebih memilih tampil dalam film The Mummy Returns. Jet Li akhirnya datang dan diberi peran utama.

2. Peran ganda Jet Li dalam film ini sangat menarik karena ia harus bertarung dengan dirinya sendiri. Untuk melakukannya, seorang stuntman yang punya postur tubuh sama dengannya memfilmkan adegan perkelahian itu dengan Jet Li. Triknya, wajah stuntman itu diwarnai hijau agar kemudian bisa dipasangi wajah Jet Li secara digital.

3. Dua karakter Jet Li memakai teknik bela diri yang berbeda untuk mewakili kepribadian mereka. Jika karakter Yulaw menggunakan Xingyiquan yang bercirikan gerakan linear agresif, Gabe menggunakan Baguazhang yang bercirikan gerakan melingkar halus.

Jet Li, The One

4. Film berdurasi 87 menit ini menggunakan anggaran sebesar 49 juta dolar AS dan berhasil mendatangkan keuntungan sekitar 72,7 juta dolar AS.

5. Sebagai bagian dari promosi The One, sebuah website tentang Multiverse Authority dibuat dan memuat konten tentang plot serta karakter film ini.

6. Adegan rumah sakit difilmkan di North Hollywood Medical Center, yang juga menjadi lokasi syuting sitkom populer, Scrubs.

7. Dalam adegan pertama yang melibatkan istri Gabe, suara musik dari film Final Destination terdengar. Film tahun 2000 itu merupakan garapan sutradara James Wong dan penulis skenario Glen Morgan yang sama-sama menukangi The One.

Leave a Reply