10 Fakta Unik Tentang Film Tropic Thunder (2008)

Tropic Thunder

Jika Anda membutuhkan hiburan segar berupa film komedi yang sangat lucu dan cerdas, Tropic Thunder adalah jawabannya. Film komedi laga ini menampilkan sederet bintang top Hollywood mulai dari Ben Stiller, Robert Downey, Jr., Jack Black, hingga Tom Cruise. Kisahnya, Ben Stiller dan rekan-rekannya adalah aktor yang sedang membuat film tentang perang Vietnam. Alih-alih melakukan syuting dengan cara normal, sutradara menerjunkan mereka secara langsung di hutan belantara tanpa kru, hanya dibekali kamera-kamera tersembunyi. Di sana mereka berhadapan dengan berbagai bahaya, termasuk kehadiran pasukan gangster sungguhan yang mereka kira adalah rekan sesama aktor.

Nah, berikut ini kami tuliskan sejumlah fakta menarik terkait film berdurasi 106 menit ini.

1. Robert Downey Jr. awalnya enggan untuk mengambil peran sebagai Kirk Lazarus karena menurutnya mengenakan makeup agar terlihat berkulit hitam adalah hal yang kasar dan menyinggung. Namun pada akhirnya ia setuju tampil karena ia suka dengan skenarionya dan ingin bekerja sama dengan Ben Stiller dan Jack Black.

2. Karakter Kirk Lazarus dalam film adalah sosok aktor metodis, demikian pula dengan sang pemerannya, Robert Downey Jr. Downey tetap berakting sebagai Lazarus meski kamera sedang tidak rolling. Downey juga mengatakan bahwa karakter Lazarus didasarkan pada kombinasi beberapa aktor, yaitu Russell Crowe, Colin Farrell, dan Daniel Day-Lewis.

3. Karakter Les Grossman sepenuhnya dikembangkan sendiri oleh Tom Cruise, termasuk penampilannya yang botak, dandanannya, serta gaya ngedancenya. Cruise juga mengenakan tangan prostetik untuk membuat lengannya tampak besar serta memasang rambut palsu di dada dan lengan.

4. Karakter Rick Peck sebenarnya adalah jatah Owen Wilson, namun Owen terlibat kasus percobaan bunuh diri dan peran itu kemudian diberikan pada Matthew McConaughey. Dalam rencana awal, Ben Stiller diplot memerankan Rick Peck, sedangkan Tugg Speedman sendiri diperankan Keanu Reeves.

5. Trailer Simple Jack yang ditampilkan dalam film ini sebagai salah satu film yang pernah dibintangi Tugg Speedman menuai kritikan dari kalangan advokasi disabilitas karena Ben Stiller menampilkan karakter yang cacat secara mental. Padahal, film dalam film itu sebenarnya bertujuan untuk menyindir film-film bertema senada seperti Rain Man, Forrest Gump, I Am Sam, dan Radio.

Ben Stiller dan Robert Downey

6. Menurut Ben Stiller, karakter Tugg Speedman sedikit banyak didasarkan pada sosok Sylvester Stallone muda, kemungkinan besar ketika Stallone bermain dalam film-film Rambo.

7. Jack Black awalnya enggan untuk tampil dalam film ini karena rambutnya harus dicat pirang. Tapi kemudian ia berubah pikiran meski ia tetap tidak terlalu senang dengan hal itu.

8. Sebagian besar syuting film ini dilakukan di pulau Hawaii, Kaua’I. Selain karena pajaknya yang bisa dinego, pulau itu juga sangat mirip dengan Vietnam. Ben Stiller juga punya rumah di sana.

9. Adegan ledakan besar di awal film membutuhkan 4.165 liter bensin dan solar. Karena ukuran ledakan dan biaya yang besar, ledakan hanya dilakukan sekali dan diambil oleh 12 kamera. Seluruh kru dan pemain harus berada 120 meter dari lokasi ledakan demi keamanan. Ledakan itu dibagi menjadi 12 ledakan dan asapnya membumbung hingga ketinggian 110 meter di udara. Sedangkan adegan ledakan jembatan di akhir film diambil menggunakan 9 kamera dan kru harus berada sekitar 900 meter dari lokasi ledakan.

10. Diperlukan 15 kali take untuk membuat hidung Steve Coogan, pemeran sutradara Damien Cockburn, terlihat berdarah ketika dipukul seseorang yang diperintahkan oleh Les Grossman dalam adegan konferensi video.

Leave a Reply