11 Fakta Unik Film Crouching Tiger, Hidden Dragon (2000)

Crouching Tiger, Hidden Dragon

Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah film laga Mandarin yang dibintangi oleh sederet aktor papan atas Asia, yaitu Chow Yun-fat, Michelle Yeoh, Zhang Ziyi, serta Chang Chen. Di bawah arahan sutradara top Ang Lee, film ini menuturkan kisah pendekar pedang Li Mu Bai yang bersahabat dengan pendekar wanita Yu Shu Lien. Suatu ketika Mu Bai meminta Shu Lien membawa pedangnya, yang disebut Green Destiny, ke kota Beijing untuk diberikan pada kawannya, Sir Te. Namun pedang itu dicuri oleh seorang pendekar misterius. Siapa sebenarnya dia?

Dianggap sebagai salah satu film laga terbaik, film ini menyimpan beberapa fakta unik. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Film berdurasi dua jam ini menuai kesuksesan fenomenal secara komersial. Dengan budget yang hanya 17 juta dolar AS, Crouching Tiger, Hidden Dragon sukses mendatangkan pendapatan berlipat, mencapai 213, 5 juta dolar AS. Hal ini menciptakan rekor tersendiri, yaitu film berbahasa asing terlaris dalam sejarah perfilman Amerika.

2. Sekitar 40 penghargaan dimenangkan film ini. Tak tanggung-tanggung, empat Piala Oscar dibawa pulang, termasuk kategori Film Berbahasa Asing Terbaik. Sampai kini, Crouching Tiger, Hidden Dragon masih disebut sebagai film asing terbesar dan paling berpengaruh di Amerika. Gelar sebagai film asing dengan nominasi Oscar terbanyak (10 nominasi) juga didapatkan.

3. “Crouching tiger hidden dragon” sebenarnya adalah kutipan dari mitologi China, yang merujuk pada upaya menyembunyikan kekuatan dari orang lain. Filosofi ini dipegang teguh oleh karakter-karakter dalam film ini.

4. Keempat aktor utama film ini berbahasa Mandarin dengan aksen yang berbeda-beda. Chow Yun-fat beraksen Kanton, Michelle Yeoh beraksen Malaysia/Inggris, Zhang Ziyi beraksen Beijing, sedangkan Chen Chang beraksen Taiwan.

5. Zhang Ziyi memerankan Jen Yu yang sangat piawai dalam bela diri. Di dunia nyata, aktris China ini samasekali tak pernah berlatih bela diri. Untuk memerankan Jen Yu, Ziyi lebih banyak menggunakan teknik tari untuk mempelajari gerakan bela diri, menganggap pertarungan sebagai bentuk tarian. Di samping itu, Ziyi juga mempelajari seni kaligrafi selama beberapa bulan.

Michelle Yeoh

6. Para aktor hampir selalu melakukan adegan berbahaya mereka sendiri. CGI alias rekayasa komputer hanya digunakan untuk membuang kabel yang menahan tubuh mereka.

7. Koreografer laga film ini, Yuen Woo-ping, adalah sosok yang juga menangani koreografi film The Matrix dan sekuel-sekuelnya.

8. Menurut Chow Yun-fat, ia harus melakukan 28 take adegan pertamanya di hari pertama syuting karena ia kesulitan berbicara dalam bahasa Mandarin. Selain itu, Crouching Tiger, Hidden Dragon adalah film laga bela diri pertama yang dibintangi Yun-fat.

9. Pakaian indah yang dikenakan Zhang Ziyi di adegan pembukanya dibuat selama dua bulan oleh empat penyulam berkualitas.

10. Ligamen Michelle Yeoh robek ketika ia syuting adegan laga awal dan harus diterbangkan ke AS untuk menjalani operasi lutut. Ia beberapa kali kembali untuk memfilmkan adegan-adegan non-laga sampai lututnya benar-benar sembuh.

11. Sekuel film ini, Crouching Tiger, Hidden Dragon: Sword of Destiny, dirilis pada 26 Februari 2016 dan dibintangi oleh Donnie Yen, Michelle Yeoh, Harry Shum, Jr., Jason Scott Lee, dan lainnya.

Leave a Reply