20 Fakta Unik di Balik Film The Dark Knight (2008)

Batman dalam The Dark Knight

Sering disebut sebagai salah satu film terbaik sepanjang masa, The Dark Knight adalah film kedua dari trilogi The Dark Knight garapan Christopher Nolan. Bisa dibilang, film ini merupakan masterpiece Nolan sekaligus film terbaik dari tahun 2008. Penampilan ikonik Heath Ledger sebagai Joker begitu melekat di pikiran setiap orang yang menyaksikannya. Film ini menghadirkan kisah tentang Joker, karakter super jahat yang tak hanya membawa kriminalitas dan kekacauan tingkat tinggi di Gotham, tapi juga mampu mengaduk-aduk pikiran Batman melalui permainan psikologisnya.

Inilah 20 fakta tentang The Dark Knight yang kami rangkumkan untuk Anda.

1. Kematian mendadak Heath Ledger pada 22 Januari 2008 memicu spekulasi tentang kelanjutan film ini. Setelah kematian tragis Ledger diumumkan, Warner Bros. Pictures menyatakan bahwa semua adegan Ledger telah selesai difilmkan. Ledger meninggal karena keracunan obat-obatan resep yang ia minum. Pasca kematiannya, Ledger mendapatkan berbagai macam penghargaan, seperti dari Academy Awards, Golden Globe Award, dan BAFTA Award. Total ada sekitar 32 penghargaan yang ia terima.

2. The Dark Knight mengukir sensasi di box office. Dengan budget sebesar 185 juta dolar AS, studio sempat waswas film ini akan merugi menyusul kematian Heath Ledger. Namun kenyataannya, film ini justru meraup laba spektakuler, 1 miliar dolar AS, dan sampai artikel ini ditulis, The Dark Knight masih menduduki peringkat ke-24 dalam daftar film terlaris sepanjang masa.

3. Film berdurasi 152 menit ini mendapatkan delapan nominasi Oscar. Selain satu Oscar yang dimenangkan Ledger sebagai Pemeran Pendukung Terbaik, satu piala lagi didapatkan dalam kategori editing suara.

4. Penampilan Joker didesain sendiri oleh Heath Ledger menggunakan makeup dan kosmetik badut putih dari toko obat. Ledger beralasan, tokoh Joker pasti mendesain dandanannya sendiri, karena itulah Ledger juga harus melakukannya sendiri.

5. Heath Ledger menyutradarai sendiri dua adegannya, yakni ketika ia mengirimkan video teror ke GCN dan ketika reporter Mike Engel membacakan statemen Joker. Nolan sepenuhnya mempercayai Ledger dan membiarkannya melakukan hal itu.

NEXT

Leave a Reply