10 Fakta Unik Tentang Film Shaolin Soccer (2001)

Shaolin Soccer

Pernahkah Anda membayangkan bermain sepak bola menggunakan teknik kung fu? Itulah yang coba ditampilkan oleh Shaolin Soccer, sebuah film komedi asal Hong Kong yang digarap Stephen Chow. Dalam film berdurasi 1 jam 27 menit ini, Chow juga duduk sebagai produser sekaligus aktor utama. Kisahnya, Chow berperan sebagai Sing, seorang ahli kung fu yang giat mempromosikan seni bela diri ini. Suatu ketika ia bertemu Fung, mantan pesepakbola top. Singkat cerita, mereka bersatu membentuk tim sepakbola super unik yang terjun ke sebuah kompetisi berhadiah besar.

Nah, mari kita simak sejumlah fakta tentang film lucu ini.

1. Tak cuma di Hong Kong, Shaolin Soccer juga menuai kesuksesan di banyak negara. Dengan modal 10 juta dolar AS, Stephen Chow dan kawan-kawan berhasil mendapatkan keuntungan sampai 42,8 juta dolar AS.

2. Shaolin Soccer sempat memecahkan rekor box office Hong Kong sebagai film terlaris sepanjang masa di sana. Rekor itu dipecahkan sendiri oleh Stephen Chow lewat film laga komedinya, Kung Fu Hustle, di tahun 2004.

3. Di kawasan Amerika Utara, film ini ditonton banyak orang yang mendapatkannya lewat pembajakan dan download di internet. Penyebabnya, film ini tak pernah melakukan rilis resmi.

4. Di China, Shaolin Soccer dilarang tayang karena Stephen Chow tidak menunggu sertifikasi sebelum dirilis di Hong Kong. Segala bentuk peredarannya, mulai dari bioskop sampai DVD/VCD, dicekal pemerintah China.

5. Shaolin Soccer berjaya soal penghargaan. Film ini menguasai beberapa ajang apresiasi film, mulai dari Blue Ribbon Awards, Golden Horse Awards, Golden Bauhinia Awards, hingga Hong Kong Film Awards. Stephen Chow sendiri mendapatkan empat penghargaan, baik karena penyutradaan maupun aktingnya.

Pemain Shaolin Soccer

6. Dalam suatu kesempatan, Stephen Chow menceritakan dirinya mendapat inspirasi untuk membuat film ini dari serial TV Jepang yang juga bertemakan sepak bola, Captain Tsubasa. Dalam serial itu, banyak adegan sepak bola super-akrobatik yang dilakukan para karakternya. Captain Tsubasa saat itu begitu populer di Hong Kong.

7. Stephen Chow mengisi suaranya sendiri untuk Shaolin Soccer versi Amerika, sedangkan untuk versi Italia, beberapa pesepakbola profesional mulai dari Marco Delvecchio, Damiano Tommasi, Angelo Peruzzi, Vincent Candela, hingga Sinisa Mihajlovic ditugaskan menjadi pengisi suara.

8. Efek “bullet time” dalam film ini dilakukan hanya dengan dua kamera.

9. Film ini mendapat dukungan sponsor dari Puma. Di sepanjang film, Puma meletakkan produk-produk mereka. Hampir semua sepatu bola yang dipakai para pemain film ini bermerk Puma, demikian pula dengan kostum bola dan iklan-iklan Puma yang tak terhitung jumlahnya. Bahkan efek bola yang ditendang dengan sangat keras pun akan menjelma menjadi Puma berapi.

10. Di Amerika Serikat, Miramax Films mendistribusikan DVD film ini sekaligus menghapus 23 menit adegan dari film aslinya. Miramax bahkan berencana mengganti judul film ini menjadi Kung Fu Soccer dengan dialog dubbing, namun Stephen Chow keberatan dengan hal itu.

Leave a Reply