20 Fakta Unik Tentang Film Spider-Man (2002)

Karakter Marvel Comics yang punya kemampuan unik ala laba-laba ini menyapa pemirsa di tahun 2002. Tobey Maguire dikasting memerankan Peter Parker, seorang pelajar biasa dari New York yang menjelma menjadi sosok superhero setelah digigit laba-laba radioaktif di laboratorium. Parker lalu menyadari ada tanggung jawab besar di balik kemampuan supernya sebagai Spider-Man, dan ia harus berhadapan secara langsung dengan Green Goblin yang melihatnya sebagai ancaman. Film ini mengawali sepak terjang Parker sebagai Spider-Man di film-film selanjutnya.

Spiderman

Dan berikut kami tuliskan 20 fakta menarik tentang film Spider-Man.

1. Pada saat dirilis, Spider-Man menjadi film pertama dalam sejarah yang meraup keuntungan 100 juta dolar AS di minggu pertamanya. Keuntungan final yang dicapai Spider-Man pun tak main-main, menyentuh angka 821,7 juta dolar AS dari total budget 140 juta dolar AS.

2. Dalam ajang Academy Awards ke-75, film ini meraih dua nominasi Oscar dalam kategori Tata Suara Terbaik dan Efek Visual Terbaik.

3. Syuting berlangsung selama hampir enam bulan dan dilakukan di Los Angeles dan New York City. Pemutaran perdana dilangsungkan di Filipina pada 30 April 2002.

4. Hugh Jackman sebenarnya dijadwalkan tampil sekilas sebagai Wolverine. Ia bahkan mendatangi lokasi syuting di New York untuk syuting, namun akhirnya batal karena kru tidak bisa mendapatkan kostum Wolverine dari film X-Men (2000).

5. Percayakah Anda, adegan ketika Peter Parker menangkap makanan Mary Jane (diperankan Kirsten Dunst) yang berhamburan ke atas dengan nampan, disyuting tanpa rekayasa komputer. Tobey Maguire melakukan adegan itu sendiri dengan bantuan perekat untuk merekatkan nampan pada tangannya. Tentu saja Tobey tak bisa melakukannya dalam sekali take, ia butuh beberapa kali take hingga berhasil.

Baca Juga:  Profil dan Fakta Krystal Jung ‘Cha Ah-ryung’ di The Player

Peter Parker

6. Tobey Maguire mengaku dirinya tak pernah membaca komik Spider-Man, tapi ia tetap mengambil peran dalam film ini karena ia suka dengan jalan ceritanya.

7. Sebelum Sam Raimi ditunjuk menjadi sutradara, beberapa nama sempat dipertimbangkan, mulai dari Ang Lee, David Fincher, hingga Roland Emmerich. Salah satu alasan dipilihnya Sam Raimi adalah karena ia sangat menggemari komik dan punya koleksi lebih dari 25.000 komik kala itu.

8. Untuk membuat badannya kekar, Tobey Maguire menjalani latihan fisik ketat selama lima bulan, latihan berat dan latihan bela diri selama enam kali seminggu, serta makan makanan tinggi protein sebanyak empat hingga enam kali sehari. Tobey bahkan juga mempelajari laba-laba dan gerakannya. Hal itulah yang meyakinkan studio untuk memastikan kastingnya.

9. Willem Dafoe, pemeran karakter Norman Osborn alias Green Goblin, melakukan 90% adegan berbahayanya sendiri tanpa stuntman.

10. Kostum Spider-Man yang dikenakan Tobey Maguire harus sedikit dimodifikasi untuk memungkinkannya buang air kecil ketika sedang break tanpa harus melepas kostum itu.

Film Spiderman

11. Leonardo DiCaprio awalnya dilirik untuk memerankan Peter Parker.

12. Aktris Elizabeth Banks awalnya mengikuti audisi untuk mendapatkan peran sebagai Mary Jane Watson. Namun ia akhirnya diberi peran sebagai Betty Brant, sekretaris J. Jonah Jameson.

13. Dua aktris kenamaan, Kate Hudson dan Tara Reid, adalah pilihan utama untuk memerankan Mary Jane Watson. Kate Hudson lebih difavoritkan, namun ia menolak karena sedang terlibat pembuatan film The Four Feathers bersama Heath Ledger.

Baca Juga:  Profil dan Koleksi Foto Kim Sae-ron

14. Jaring laba-laba Spider-Man dibuat dari bahan busa dan senar pancing. Hal ini disempurnakan dengan bantuan komputer atau CGI.

15. Setelah terjadi serangan teroris 9/11, Sony menarik poster teaser yang menampilkan gambar close up wajah Spider-Man dengan bangunan-bangunan pencakar langit New York (termasuk WTC) tercermin di matanya.

Spiderman 2002

16. Adegan ciuman dengan tubuh terbalik ala Spider-Man yang terkenal itu cukup susah untuk dilakukan karena hidung Tobey Maguire selalu terisi air meski tidak ada hujan.

17. Tobey Maguire mendapat gaji kisaran 3-4 juta dolar AS di film ini, dan dengan menandatangani kontrak untuk tampil dalam dua film sekuel Spider-Man, Tobey mendapatkan total bayaran sekitar 26 juta dolar AS.

18. Adegan paling pertama yang diambil di film ini adalah ketika Peter Parker kembali dari kunjungan ke lab dan mengalami demam karena gigitan laba-laba.

19. Di komik, Peter Parker mendesain jaring sintetik laba-laba sendiri dan menembakkannya dari senjata mekanik di pergelangan. Sedangkan di film, Parker menembakkan jaring laba-laba dari tubuhnya sendiri. Pecinta komik Spider-Man pun melayangkan protes, namun Sam Raimi mengatakan bahwa cara ini lebih masuk akal bagi seorang pelajar SMA, yang cukup mustahil bisa membuat formula ajaib dengan modal jutaan dolar.

20. Kostum Green Goblin awalnya didesain lebih besar dan gempal, namun Willem Dafoe, yang sudah memutuskan melakukan adegan-adegan laganya sendiri, menolak ide itu. Ia ingin memakai kostum yang lebih luwes dan ramping. Kostum itu terdiri atas 580 potongan dan membutuhkan waktu setengah jam untuk dikenakan.

Komentar Anda