20 Fakta Unik Tentang Film The Matrix (1999)

The Matrix (1999)

Film laga fiksi ilmiah ini tak cuma populer, namun juga berpengaruh. Berbagai inovasi yang ditampilkan dalam The Matrix begitu brilian hingga tak heran film ini disebut sebagai film laga fiksi ilmiah terbesar. The Matrix dipilih oleh National Film Registry untuk dijaga dan dilestarikan di Library of Congress. Film ini menampilkan cerita tentang Neo, sosok programmer sekaligus hacker. Neo merasa ada sesuatu yang tak beres di dunia ini. Seorang hacker legendaris, Morpheus, membantu Neo merasakan realita yang aneh, yakni pada masa ketika manusia berperang dengan mesin cerdas buatan mereka yang justru ‘memanen’ mereka.

Nah, kini saatnya kita bahas beberapa fakta menarik tentang The Matrix.

1. Kesuksesan komersial dan kritis diraih film yang diarahkan Wachowski bersaudara ini. Dengan budget yang diperkirakan mencapai 63 juta dolar AS, film ini membawa pulang keuntungan hingga 463,5 juta dolar AS.

2. The Matrix sukses memenangkan empat Piala Oscar, semuanya terkait sisi artistik, yaitu Tata Suara Terbaik, Penyuntingan Terbaik, Efek Visual Terbaik, dan Penyuntingan Efek Suara Terbaik.

3. Pada mulanya, Wachowski bersaudara mendekati Warner Bros dengan ide tentang The Matrix. Mereka meminta dana sebesar 80 juta dolar AS, namun WB hanya mau mengucurkan 10 juta dolar AS. Wachowskis mengambil uang itu dan memfilmkan 10 menit pertama dari The Matrix (adegan awal Carrie-Anne Moss) menggunakan seluruh dana 10 juta dolar itu. Wachowski bersaudara lalu mempertontonkannya pada kalangan eksekutif WB dan langsung membuat mereka terkesan. Dana sebesar 60 juta dolar AS pun dikucurkan. Anggaran The Matrix bisa dikurangi karena tim produksi melakukan syuting di Australia yang lebih murah.

4. Yuen Woo-ping awalnya menolak untuk bekerja dalam film ini. Koreografer bela diri papan atas ini sengaja meminta bayaran selangit agar Wachowski bersaudara mundur. Namun ternyata tidak. Woo-ping kemudian meminta syarat yang berat. Ia hanya mau terlibat jika ia diberi kewenangan penuh dalam menangani adegan pertarungan dan diberi kewenangan untuk melatih para aktor empat bulan sebelum syuting. Wachowski bersaudara tetap setuju.

5. Ketika Neo berlatih bela diri dengan Morpheus (diperankan Laurence Fishburne), Keanu Reeves terlihat beberapa kali mengusap hidung dengan jempolnya. Gerakan itu sebenarnya adalah gaya bertarung Bruce Lee sebelum mulai menyerang musuhnya, dan Keanu mengimprovisasi sendiri gerakan itu.

NEXT

Leave a Reply