15 Fakta Seru Film The Last Samurai (2003)

The Last Samurai

The Last Samurai adalah sebuah film yang mengisahkan perang saudara yang terjadi pada masa Restorasi Meiji di Jepang pada abad ke-19. Tom Cruise berperan sebagai Nathan Algren, mantan tentara Amerika Serikat yang kini bekerja di teater jalanan. Suatu ketika Algren ditawari pekerjaan bergaji besar sebagai pelatih pasukan Jepang yang saat itu samasekali belum mengenal teknologi militer mutakhir. Pasukan Algren yang belum siap itu ditugaskan membasmi kelompok samurai pimpinan Katsumoto yang mengancam modernisasi Jepang. Saat perang berlangsung, pasukan Algren kocar-kacir dan ia sendiri ditawan oleh para samurai. Pada akhirnya Algren justru mengembangkan hubungan yang sangat emosional dengan mereka.

Berikut 15 fakta tentang film yang juga dibintangi Ken Watanabe ini.

1. Tom Cruise menghabiskan dua tahun untuk mempersiapkan penampilannya dalam film ini, seperti belajar pertarungan pedang dan bahasa Jepang. Karakter Algren yang ia perankan tampak begitu ahli bermain pedang bersama para samurai dan ia juga beberapa kali berbicara dalam bahasa Jepang.

2. Sosok pembuat pedang di desa Katsumoto sebenarnya adalah pembuat pedang asli di dunia nyata. Pria itu bernama Shoji Yoshihara dan memegang tingkat Mukansa dalam pembuatan pedang, salah satu tingkat tertinggi di Jepang.

3. The Last Samurai menjadi film Amerika pertama yang dibintangi aktor top Jepang Ken Watanabe sekaligus film pertama yang menampilkannya berdialog dalam bahasa Inggris.

4. Bertentangan dengan kepercayaan banyak orang, judul The Last Samurai tidak mengacu pada Nathan Algren atau Katsumoto sebagai seorang samurai terakhir. Kata ‘Samurai’ yang digunakan di sini adalah bentuk plural dan merujuk pada klan Katsumoto secara keseluruhan. Di akhir film, Algren adalah satu-satunya samurai yang masih hidup.

5. Dalam sejarah, pihak yang melatih tentara Jepang bukanlah orang Amerika, melainkan staf Jenderal Prusia.

NEXT

Leave a Reply