Profil, Fakta, dan Foto Stadion Allianz Riviera

Foto Stadion Allianz Riviera 1

Allianz Riviera adalah satu dari empat stadion baru yang dipersiapkan untuk menyelenggarakan ajang besar Euro 2016. Stadion multi-fungsi ini terletak di kota Nice, Perancis, dan menjadi kandang tim Ligue 1, OGC Nice, serta terkadang menjadi kandang tim rugby union, Toulon. Stadion ini punya kapasitas 35.624 dan telah menggantikan Stade Municipal du Ray sebagai stadion utama kota Nice. Stadion baru ini punya desain futuristik dan akan menjadi tempat berlangsungnya partai-partai babak penyisihan dan babak 16 besar Euro 2016.

Berikut beberapa fakta tentang stadion Allianz Riviera.

1. Allianz Riviera mulai dibangun pada tahun 2011 dan selesai dua tahun kemudian. Pembangunan menelan anggaran sebesar 245 juta euro dan arsitek yang menanganinya adalah Jean-Michel Wilmotte.

2. Pertandingan sepak bola pertama yang digelar di stadion ini adalah laga antara Nice melawan Valenciennes pada tanggal 22 September 2013.

3. Stadion ini sebenarnya sudah direncanakan untuk selesai dibangun pada tahun 2007. Namun, pembangunan terhenti karena beberapa hal, seperti kekhawatiran mengenai biaya pembangunan. Proyek ini kembali muncul ke permukaan setelah Perancis berhasil memenangkan tawaran untuk menjadi penyelenggara Euro 2016.

4. Nama stadion ini merupakan hasil kesepakatan dengan pihak sponsor, Allianz, yang merupakan perusahaan asuransi raksasa. Namun karena peraturan UEFA terkait sponsor, stadion ini akan disebut dengan nama Stade de Nice dalam Euro 2016 dan turnamen-turnamen UEFA lainnya.

5. Empat laga dipastikan akan berlangsung di stadion ini seperti tertera dalam jadwal di bawah ini.

Jadwal Euro 2016 di Allianz Riviera

Dan inilah foto-foto stadion Allianz Riviera.

Foto Stadion Allianz Riviera 1 Foto Stadion Allianz Riviera 2 Foto Stadion Allianz Riviera 3 Foto Stadion Allianz Riviera 4 Foto Stadion Allianz Riviera 5

Leave a Reply