Profil, Fakta, dan Foto Stadion Parc des Princes

Foto Stadion Parc des Princes 1

Stadion kebanggaan warga Paris ini selama ini dikenal sebagai kandang tim Paris Saint-Germain (PSG) yang sudah berlaga di sana sejak tahun 1973. Parc des Princes, yang punya kapasitas 48.712 tempat duduk, didesain dengan menonjolkan unsur kenyamanan dan visibilitas. Arsitektur bergaya avant-garde juga diterapkan ketika struktur besar ini pertama kali dibangun pada 1897. Dengan segala kelebihan yang dimiliknya, Parc des Princes sangat layak untuk menghelat event sarat gengsi Euro 2016, sebagaimana pernah dilakukan pada gelaran Euro 1984 dan dua Piala Dunia (1938 dan 1998).

Berikut sejumlah fakta tentang stadion megah ini.

1. Parc des Princes memiliki arti taman pangeran, mengacu pada lahan perburuan para pembesar kerajaan di masa lalu yang kemudian diubah fungsinya menjadi stadion ini. Parc des Princes dulunya dibuka pada tanggal 18 Juli 1897 sebagai venue untuk menggelar berbagai kegiatan, bukan sepak bola semata.

2. Dalam sejarahnya, Parc des Princes pernah menggelar event Olimpiade, berbagai turnamen akbar sepak bola, kejuaraan besar track cycling, rugby, tinju, hingga konser musik. Kini Parc des Princes memfokuskan diri pada event-event menengah. Event-event yang lebih besar diselenggarakan di stadion yang lebih besar, yaitu Stade de France.

3. Berbagai konser musik bersejarah pernah dihelat di stadion ini, seperti konser tur Michael Jackson bertajuk Bad World Tour dan History World Tour, demikian pula dengan Metallica, The Rolling Stones, U2, Red Hot Chili Peppers, Green Day, dan sebagainya.

4. Parc des Princes punya satu tribun khusus supporter PSG, yaitu Tribune Boulogne. Tribun ini punya reputasi sebagai tribun terburuk dalam persepakbolaan Perancis karena kaitannya dengan berbagai tindakan kekerasan, kelompok politik tertentu, dan menjadi simbol hooliganisme dan ekstremis politik dalam kultur Perancis. Namun tindakan ketat untuk mendisiplinkan tribun ini pada tahun 2010 sudah menuai hasil.

5. Parc des Princes akan menjadi tuan rumah beberapa laga Euro 2016 seperti terlihat dalam gambar jadwal di bawah ini.

Jadwal Pertandingan Euro 2016 di Parc des Princes

Dan berikut foto-foto Parc des Princes.

Foto Stadion Parc des Princes 1 Foto Stadion Parc des Princes 2 Foto Stadion Parc des Princes 3 Foto Stadion Parc des Princes 4 Foto Stadion Parc des Princes 5 Foto Stadion Parc des Princes 6 Foto Stadion Parc des Princes 7

 

Leave a Reply