Profil, Fakta, dan Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy

Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 1

Berlokasi di Villeneuve d’Ascq, dekat kota Lille, Stade Pierre-Mauroy adalah salah satu venue pagelaran Euro 2016. Stadion baru ini dulunya dinamai Grand Stade Lille Métropole dan kemudian dibuah menjadi Stade Pierre-Mauroy pada tanggal 21 Juni 2013. Dengan kapasitas 50.186 tempat duduk, Stade Pierre-Mauroy sudah memenuhi syarat untuk menyelenggarakan laga-laga sarat gengsi di Euro 2016. Stadion ini juga berfungsi sebagai markas tim Ligue 1, Lille OSC.

Berikut beberapa fakta seputar Stade Pierre-Mauroy.

1. Pembangunan stadion ini diawali ketika Lille OSC punya masalah dengan stadion. Tim yang masuk Liga Champions ini harus bergonti-ganti stadion agar sesuai dengan standar UEFA. Akhirnya, seiring dengan adanya perubahan lanskap kota Lille, muncul ide untuk membangun sebuah stadion baru dengan tempat duduk 50 ribu lebih yang punya multi-fungsi.

2. Tiga perusahaan konstruksi raksasa, yaitu Eiffage, Bouygues, dan Vinci, mengikuti tender pembangunan stadion ini. Masing-masing menyodorkan ide yang ambisius, terutama terkait atap yang canggih dan penerapan efisiensi energi di stadion. Dari tiga perusahaan itu, Eiffage terpilih pada Februari 2008. Mereka diberi waktu 45 bulan untuk menyelesaikan pembangunan.

3. Stadion megah ini dibangun dengan anggaran mencapai 618 juta euro. Rinciannya, 282 juta euro untuk pembangunan stadion, 42 juta euro untuk pengembangan area parkir, hotel, dan restoran, dan 96 juta euro untuk meyakinkan bahwa stadion ini sesuai dengan standar seismik.

4. Stade Pierre-Mauroy punya atap yang bisa dibuka-tutup secara otomatis hanya dalam 15 menit. Solar panel dan kincir angin juga digunakan untuk menyuplai listrik tambahan.

5. Stadion yang pernah dipakai untuk menggelar konser Rihanna ini akan melangsungkan enam laga Euro 2016, salah satunya adalah babak perempat final. Berikut jadwalnya.

Jadwal Euro 2016 di Stadion Stade Pierre-Mauroy

Intip foto-foto stadion cantik ini.

Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 1 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 2 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 3 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 4 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 5 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 6 Foto Stadion Stade Pierre-Mauroy 7

Leave a Reply