25 Fakta Unik Tentang Film Gangs of New York (2002)

Foto Film Gangs of New York 1

Film peraih 10 nominasi Oscar ini sangat populer di dunia. Berlatar belakang di distrik Five Point pada pertengahan abad ke-19, film yang dibintangi oleh Leonardo DiCaprio, Daniel Day-Lewis, Cameron Diaz, dan Liam Neeson ini memotret dua masalah besar yang terjadi di New York kala itu, yakni imigrasi orang Irlandia ke kota serta Perang Sipil yang terus berkecamuk di Amerika. Tokoh sentral Gangs of New York adalah William “Bill the Butcher” Cutting, seorang bos gangster sekaligus antek politik Boss Tweed, serta seorang pemuda pemberontak bernama Amsterdam Vallon, yang memburu pembunuh ayahnya.

Berikut 25 fakta yang tak boleh Anda lewatkan tentang Gangs of New York.

~O~

1. Saat syuting adegan perkelahian, Leonardo DiCaprio secara tak sengaja mematahkan hidung Daniel Day-Lewis, pemeran Bill the Butcher. Hebatnya, Day-Lewis tetap melanjutkan aktingnya dengan keadaan cedera.

2. Sutradara Martin Scorsese menampilkan penggambaran cakrawala New York di akhir film yang juga menampilkan gedung World Trade Center. Meski Gangs of New York setelah dibuat setelah WTC hancur dalam serangan 9/11, Scorsese menghentikan penggambaran sampai pada titik itu alias tidak sampai pada titik di mana WTC sudah hancur. Alasannya adalah film ini bercerita tentang orang-orang yang membangun New York, bukan orang-orang yang hendak menghancurkannya.

3. Daniel Day-Lewis merasa sangat tidak nyaman dengan gaya rambut berminyak yang dikenakannya sebagai William “Bill the Butcher” Cutting. Segera setelah syuting usai, ia langsung mencukur habis rambutnya.

4. Dalam cerita, Bill the Butcher digambarkan sebagai musuk fanatik Abraham Lincoln. Dalam satu adegan, Bill terlihat melemparkan pisau tepat pada gambar Presiden Amerika Serikat itu. Uniknya, sepuluh tahun kemudian Day-Lewis tampil memerankan Abraham Lincoln dalam film Lincoln (2012).

5. Sebagian besar geng yang disebutkan namanya dalam film ini adalah geng nyata yang ada di New York pada abad ke-19. Bill Cutting sendiri merupakan adaptasi dari sosok gangster nyata New York, Bill Poole, yang juga dikenal sebagai “The Butcher” dan punya prestis yang sama dengan karakter Day-Lewis.

NEXT

Leave a Reply