10 Artis Korea yang Pernah Bermain Drama Mandarin-Taiwan

Drama Taiwan

Nama-nama seperti Park Shin-hye atau Lee Jong-suk memang sangat beken di Korea. Bahkan kesepuluh aktor yang kami bahas di sini sebenarnya adalah para bintang Hallyu yang sangat lekat dengan drama-drama Korea yang mereka bintangi. Namun sesuai wejangan lama, karir harus berkembang, demikian pula dengan para aktor ini. Mereka tak mau hanya tampil di layar kaca Korea, tapi juga melebar ke negara-negara tetangga, yaitu China dan Taiwan.

Alhasil, di antara sekian judul drama yang mereka bintangi, ada satu atau dua judul drama Mandarin-Taiwan di sana. Alasan lainnya tentu saja adalah karena China dan Taiwan menawarkan bayaran yang menggiurkan untuk mereka.

Siapa saja mereka dan apa drama luar negeri yang pernah mereka bintangi?

~O~

1. Park Shin-hye

Park Shin-hye dalam Hayate the Combat Butler

Tak ada yang meragukan eksistensi Park Shin-hye di layar kaca Korea. Beberapa saat setelah ia membintangi Heartstrings, ia mengambil keputusan yang tak biasa, yaitu membintangi drama Taiwan berjudul Hayate the Combat Butler di tahun yang sama. Ia beradu akting dengan George Hu serta Tia Li. Shin-hye berperan sebagai Xiao Zhi yang bertemu dengan pria penuh masalah bernama Xiao Sa. Awalnya Xiao Sa yang hidup susah ini punya niatan untuk menculik Xiao Zhi yang kaya raya, namun konyolnya Xiao Sa justru harus berkali-kali menyelamatkan Xiao Zhi dari berbagai marabahaya.

2. Rain

Rain dalam Diamond Lover

Reputasi Rain sebagai raja K-Pop sekaligus bintang film sudah tak terbantahkan. Sebagai aktor Asia, Rain bahkan sudah menembus Hollywood. Pasca membintangi drama Korea My Lovely Girl, Rain memutuskan untuk menjajal drama Mandarin. Ia kemudian dipasangkan dengan Tiffany Tang dalam Diamond Lover. Rain diberi peran sebagai Xiao Liang, seorang CEO perusahaan berlian raksasa. Ia adalah orang yang sangat ketat dan perhitungan, terutama soal materi. Namun kehadiran seorang wanita bernama Mi Duo perlahan-lahan mengubah dirinya.

3. Ku Hye-sun

Ku Hye-sun dalam Absolute Darling

Imej Ku Hye-sun sangat lekat dengan perannya sebagai Geum Jan-di dalam fenomenal Boys Before Flowers. Di tahun yang sama ketika membintangi Take Care of Us, Captain, Hye-sun menjajal tantangan baru untuk tampil dalam sebuah drama Taiwan yang diangkat dari manga, Absolute Darling. Lawan mainnya adalah Jiro Wang dan Kun Da. Ia berperan sebagai Guan Xiao Fei, seorang gadis yang tak punya pacar dan selalu ditolak pria. Suatu ketika, ia bertemu seorang salesman bernama Lei Wu Wu yang memperkenalkannya pada produk aneh: seorang pacar.

4. Ji Chang-wook

Ji Chang-wook dalam My Male God

Keputusan Ji Chang-wook untuk membintangi drama Mandarin cukup membuat fansnya kecewa. Pasalnya, mereka masih ingin melihat aktor tampan ini berakting di layar kaca Korea selepas Healer. Ia pun diduetkan dengan, Wang Xiao Chen dalam sebuah drama produksi Korea-China berjudul My Male God. Chang-wook mendapat peran utama sebagai Wang Wei An, seorang pemuda yang dalam semalam statusnya berubah menjadi seorang chaebol. Ia akan bertemu dan menjalin hubungan dengan Yang Hai Yi, seorang gadis dari keluarga kaya yang sudah bangkrut.

5. Yoona

Yoona dalam God of War, Zhao Yun

Dewi Hallyu satu ini adalah sosok yang memikat setiap orang dengan bakat dan kecantikannya. Yoona dikenal sebagai bintang drama Korea serta idol Girls’ Generation, jadi tak heran wajahnya begitu familiar sebagai representasi K-Pop sekaligus K-Drama. Di tahun 2016, Yoona memilih drama Mandarin God of War, Zhao Yun sebagai proyek barunya. Tampaknya Yoona akan cukup sibuk nantinya, karena drama ini rencananya akan tayang dalam 60 episode. Kisahnya diangkat dari cerita legenda Jenderal Zhao Zi Long, yang berurusan dengan cinta dan perang.

6. Park Min-young

Park Min-young dalam Braveness of the Ming

Selepas Healer, mantan kekasih Lee Min-ho ini langsung terbang ke China untuk membintangi drama kolosal Braveness of the Ming. Ia diduetkan dengan aktor Mandarin, Zhang Han. Ketika syuting drama 30 episode ini, Park Min-young tak lepas dari sorotan fans dan media Korea, salah satu alasannya adalah karena mereka belum pernah melihat Min-young memakai pakaian tradisional China. Sebelumnya, Suzy yang ditawari peran utama menolak, dan Min-young pun akhirnya setuju tampil dalam drama yang berlatar belakang di masa dinasti Ming ini.

7. Park Hae-jin

Park Hae-jin dalam Drama Mandarin

Bintang serial Cheese in the Trap ini tak hanya sekali bermain drama Mandarin, tapi beberapa kali, tepatnya sejak tahun 2011 saat ia membintangi dua drama Hunan TV, yaitu Qian Duo Duo Jia Ren Ji dan Another Kind of Splendid Life. Tak heran popularitas Hae-jin di sana begitu besar, melebihi popularitasnya di Korea sendiri. Hae-jin bahkan muncul dalam dua drama Mandarin berikutnya, yakni Loves Relativity di tahun 2013 dan Secret Society of Men – Friends di tahun 2015. Di sela-sela itu, kita bisa menonton aktingnya dalam drama Korea My Love from the Star dan Doctor Stranger.

8. Jang Na-ra

Jang Nara dalam Drama China

Jang Na-ra adalah aktris Korea yang punya nama besar di China. Publik di sana memanggilnya Zhang Nala. Pasalnya, aktris asal Seoul ini juga tak hanya sekali muncul di layar kaca China. Sejak tampil dalam drama Mandarin Silver Love di tahun 2004, Na-ra terus meneguhkan eksistensinya di dua negara. Produktivitasnya yang luar biasa membuat Na-ra telah muncul dalam delapan drama Mandarin, satu di antaranya sebagai cameo. Prestasi ini agak sukar disamai aktris Korea lainnya, karena di waktu yang bersamaan, Na-ra juga tetap konsisten melahirkan banyak drama Korea terpopuler.

9. Lee Jong-suk

Lee Jong-suk Drama Mandarin

Lee Jong-suk sebenarnya dikenal pemirsa China lewat banyak drama, utamanya Pinocchio, sebuah drama premium Korea yang hak siarnya dijual ke China lewat situs Youku Tudou. Harga yang dibandrol pun tak main-main, mencapai 280 ribu dolar AS per episode, menjadikannya sebagai drama Korea termahal. Efeknya juga dirasakan Jong-suk, yang popularitasnya kian booming di China. Jong-suk pun hadir dalam berbagai event jumpa fans di negeri Tirai Bambu dan pada akhirnya ia setuju untuk menandatangani sebuah kontrak untuk tampil dalam drama Mandarin-Korea, Jade Lover.

10. Joo Won

Joo Won Drama Mandarin

Nama terbaru yang juga dipastikan akan membintangi drama Mandarin adalah Joo Won, yang selama ini tak pernah gagal dalam memukau pecinta drama Korea. Bintang drama Good Doctor dan Yongpalyi ini seolah tak puas dengan statusnya sebagai bintang Hallyu; ia ingin pula menembus pasar Mandarin. Dan Joo Won pun akhirnya memutuskan untuk bermain dalam serial TV China, Love Express, yang tayang pada tahun 2016. Tak hanya itu, tahun lalu Joo Won bahkan juga kembali ke layar perak lewat sebuah film Mandarin berjudul Passion Heaven. Wow!

Komentar Anda