10 Fakta Seru di Balik Film The Godfather: Part III (1990)

The Godfather Part III

The Godfather: Part III memotret episode terakhir dari kisah keluarga Michael Corleone. Michael yang sudah menua ini ingin merehabilitasi reputasi keluarganya melalui berbagai kegiatan amal. Michael mulai menyadari dosa-dosa yang ia perbuat di masa lalu. Tapi ia tidak bisa sepenuhnya lepas kontrol. Michael mempersiapkan keponakannya, Vincent Corleone, untuk menjadi penerusnya. Berbagai tantangan harus dihadapi Michael kini, mulai dari urusan Joey Zasa hingga anak-anak Michael sendiri, Anthony dan Mary.

Berikut 10 fakta yang perlu Anda tahu dari The Godfather: Part III.

~O~

1. Mario Puzo dan Francis Ford Coppola awalnya akan memberi judul The Death of Michael Corleone untuk film ini, namun Paramount Pictures menolak ide itu.

2. Film berdurasi 162 menit ini sukses mencatatkan pendapatan 136,8 juta dolar AS dari budget 54 juta dolar AS.

3. The Godfather: Part III mendapat tujuh nominasi Oscar dan tujuh nominasi Golden Globe, namun sayang tak satu pun yang berhasil dimenangkan.

4. Al Pacino ditawari 5 juta dolar AS untuk kembali memerankan Michael Corleone, namun ia meminta lebih, yaitu 7 juta dolar AS ditambah keuntungan dari pendapatan kotor film. Francis Ford Coppola menolak hal itu dan mengancam akan menulis ulang naskah dengan adegan pembuka pemakaman Michael. Akhirnya Al Pacino setuju dengan nilai bayaran yang ditawarkan padanya.

5. Robert Duvall, pemeran Tom Hagen di dua film sebelumnya, menolak tawaran gaji 1 juta dolar AS untuk kembali ke film ini. Ia merasa bayaran yang ia terima tak sepadan dengan lawan mainnya, Al Pacino dan Diane Keaton, yang masing-masing mendapat 5 dan 1,5 juta dolar AS. Karakter Tom Hagen pun akhirnya dibuang dari naskah. Duvall membela diri dengan mengatakan bahwa satu-satunya alasan kenapa orang-orang mau membuat film ini adalah karena ingin mencari keuntungan belaka.

The Godfather Part III Scene

6. Putri Francis Ford Coppola, Sofia Coppola, berperan sebagai putri Michael Corleone di film ini. Di film The Godfather (1972), Sofia adalah pemeran bayi putra Connie Corleone yang dibaptis Michael.

7. Trilogi The Godfather adalah trilogi film pertama di dunia yang ketiga filmnya mendapatkan nominasi Oscar untuk kategori Film Terbaik. Prestasi ini kemudian disamai oleh trilogi Lord of the Rings.

8. Talia Shire, pemeran Connie Corleone atau bibi Mary, sebenarnya adalah bibi asli Sofia Coppola di dunia nyata.

9. Francis Ford Coppola mau membuat film ini sebagai bagian dari persetujuan terkait masalah finansial yang melanda studionya (Zoetrope Studios) dan dirinya. Paramount menyetujui budget 56 juta dolar AS dengan berbagai syarat ketat, yakni ia ‘hanya’ digaji 1 juta dolar AS untuk bekerja sebagai sutradara-produser-penulis naskah, durasi film tak boleh melebihi 140 menit, dan biaya tambahan yang muncul belakangan tidak akan diganti oleh pihak studio.

10. Ketika Andy Garcia (pemeran Vincent Corleone) melakukan adegan perkelahian, ia memaksa menggunakan pistol sungguhan, bukan pistol properti, untuk memukul lawannya. Alhasil seorang stuntman yang ia pukul menderita luka yang harus dijahit.

Leave a Reply