15 Fakta Unik Tentang Film The Danish Girl (2015)

The Danish Girl1

The Danish Girl adalah salah satu film tersukses di tahun 2015. Film berdurasi 119 menit ini menampilkan Eddie Redmayne dan Alicia Vikander sebagai pemeran utamanya. Mereka berperan sebagai pasangan suami istri yang tak biasa. Di Kopenhagen, pada pertengahan 1920-an, Gerda Wegener menjadikan suaminya, Einar Wegener, sebagai model perempuan untuk lukisannya. Einar pun mengubah penampilannya menjadi feminin dan namanya juga diubah menjadi Lili Elbe. Lukisan Lili menuai banyak apresiasi dan Einar pun secara perlahan mulai bermetamorfosis menjadi transgender melalui operasi ganti kelamin pertama di dunia.

Simak fakta-fakta menarik tentang The Danish Girl berikut ini.

~O~

1. Film arahan sutradara Tom Hooper ini dibuat dengan anggaran cukup minim, 15 juta dolar AS, dan berhasil meraup keuntungan sampai 57,6 juta dolar AS.

2. Meski mendapat kritikan karena ketidakakuratan sejarah, Eddie Redmayne dan Alicia Vikander memperoleh apresiasi luas dan memenangkan banyak penghargaan keaktoran.

3. Alicia Vikander mendapat nominasi Oscar kategori pemeran pendukung atas perannya sebagai Gerda Wegener, bukan sebagai pemeran utama. Hal ini mengundang kritikan karena sebenarnya porsi dan dialog Alicia lebih banyak dari Eddie Redmayne, yang justru mendapat nominasi Oscar kategori aktor utama terbaik.

4. Focus Features sebagai distributor menyatakan bahwa Alicia Vikander memang sengaja dikreditkan sebagai pemeran pendukung agar peluangnya memenangkan Oscar lebih besar. Alhasil, Alicia berhasil mendapatkan piala itu, sementara Eddie Redmayne kalah dari Leonardo DiCaprio (The Revenant).

5. Dalam sejarah, Lili Elbe sebenarnya bukanlah orang pertama yang melakukan operasi ganti kelamin, tapi ia adalah salah satu di antaranya. Beberapa nama lain seperti Carla van Crist, Toni Ebel, dan Dörchen Ritcher sudah melakukannya sebelum Lili tiba di Berlin.

NEXT

Leave a Reply