15 Fakta Unik Tentang Film The Danish Girl (2015)

The Danish Girl adalah salah satu film tersukses di tahun 2015. Film berdurasi 119 menit ini menampilkan Eddie Redmayne dan Alicia Vikander sebagai pemeran utamanya. Mereka berperan sebagai pasangan suami istri yang tak biasa. Di Kopenhagen, pada pertengahan 1920-an, Gerda Wegener menjadikan suaminya, Einar Wegener, sebagai model perempuan untuk lukisannya. Einar pun mengubah penampilannya menjadi feminin dan namanya juga diubah menjadi Lili Elbe. Lukisan Lili menuai banyak apresiasi dan Einar pun secara perlahan mulai bermetamorfosis menjadi transgender melalui operasi ganti kelamin pertama di dunia.

The Danish Girl1

Simak fakta-fakta menarik tentang The Danish Girl berikut ini.

~O~

1. Film arahan sutradara Tom Hooper ini dibuat dengan anggaran cukup minim, 15 juta dolar AS, dan berhasil meraup keuntungan sampai 57,6 juta dolar AS.

2. Meski mendapat kritikan karena ketidakakuratan sejarah, Eddie Redmayne dan Alicia Vikander memperoleh apresiasi luas dan memenangkan banyak penghargaan keaktoran.

3. Alicia Vikander mendapat nominasi Oscar kategori pemeran pendukung atas perannya sebagai Gerda Wegener, bukan sebagai pemeran utama. Hal ini mengundang kritikan karena sebenarnya porsi dan dialog Alicia lebih banyak dari Eddie Redmayne, yang justru mendapat nominasi Oscar kategori aktor utama terbaik.

4. Focus Features sebagai distributor menyatakan bahwa Alicia Vikander memang sengaja dikreditkan sebagai pemeran pendukung agar peluangnya memenangkan Oscar lebih besar. Alhasil, Alicia berhasil mendapatkan piala itu, sementara Eddie Redmayne kalah dari Leonardo DiCaprio (The Revenant).

5. Dalam sejarah, Lili Elbe sebenarnya bukanlah orang pertama yang melakukan operasi ganti kelamin, tapi ia adalah salah satu di antaranya. Beberapa nama lain seperti Carla van Crist, Toni Ebel, dan Dörchen Ritcher sudah melakukannya sebelum Lili tiba di Berlin.

The Danish Girl2

6. Di awal syuting film ini, Eddie Redmayne mendapatkan Oscar atas aktingnya dalam film The Theory of Everything. Ia pun diberi izin cuti selama seminggu untuk menghadiri upacara Academy Awards dan kembali ke lokasi syuting setelahnya.

7. Ketika Nicole Kidman direncanakan membintangi sekaligus memproduksi film ini, ia kesulitan mencari aktris pemeran Gerda Wegener, dan ia sendiri akan memerankan Einar Wegener. Beberapa aktris top mulai dari Charlize Theron hingga Rachel Weisz menolak tawaran dengan berbagai alasan.

8. Film ini didasarkan pada novel karya David Ebershoff yang juga berjudul The Danish Girl, yang sebenarnya merupakan kisah fiktif tentang Lili Elbe, bukan biografi asli sebagaimana diperkirakan banyak orang.

9. Dua aktor transgender asli hanya diberi peran kecil di film ini, yaitu aktris trans Rebecca Root yang memerankan salah satu perawat Lili dan aktor trans Jake Graf yang muncul di samping Hans Axgil dalam pameran lukisan Lili.

10. Total 186 adegan dalam film ini disyuting dalam waktu 44 hari di enam negara, yaitu Inggris, Denmark, Belgia, Jerman, Perancis, dan Norwegia.

The Danish Girl3

11. Meskipun film ini berlatar belakang di Denmark, menampilkan karakter-karakter Denmark, bahkan memasang kata Denmark (Danish) di judulnya, tak ada satu pun dari para aktornya yang berasal dari Denmark dan bahasa itu juga tak pernah diucapkan di film ini. Para karakternya berbicara dalam bahasa Inggris beraksen British di semua negara yang ditampilkan di film.

12. Di dunia, Alicia Vikander berambut merah dan berkulit olive. Demi memotret Gerda Wegener secara akurat, ia harus mengenakan wig pirang. Tak cuma itu, kru film juga memucatkan kulitnya agar sama seperti Gerda.

13. Menurut catatan sejarah, Gerda Wegener berusia 43-44 tahun ketika melukis suaminya, sedangkan Lili berusia 47 tahun ketika menjalani operasi ganti kelamin. Saat syuting film ini, Eddie Redmayne baru berusia 33 tahun, sementara Alicia Vikander masih 26 tahun.

14. Faktor penting seputar kematian Lili dihilangkan dari film ini; Lili meninggal disebabkan penolakan organ karena transplantasi rahim (operasi kelima) pada tahun 1931 di usia 48 tahun, tapi di film ini ia meninggal setelah menjalani operasi ganti kelamin kedua.

15. Dalam adegan terakhir, saat Gerda dan Hans berdiri di Vejle Fjord, kita bisa melihat pengunungan di latar belakang. Faktanya, Denmark tidak memiliki gunung. Ketidaktepatan ini memang disengaja untuk menciptakan efek dramatis.

Komentar Anda