10 Fakta Unik di Balik Film Blood Diamond (2006)

Blood Diamond1

Blood Diamond adalah film thriller perang produksi Amerika-Jerman tahun 2006 yang dibintangi Leonardo DiCaprio, Jennifer Connelly, serta Djimon Hounsou. Digarap oleh sutradara Edward Zwick, film ini berlatar Perang Saudara Sierra Leone pada tahun 1996 sampai 2001. Blood Diamond menyorot kehidupan seorang pria bernama Danny Archer yang instingnya untuk bertahan hidup sangat tinggi. Ia menjadi pemain kunci dalam bisnis berlian di wilayah konflik. Danny bekerja sama dengan seorang nelayan lokal bernama Solomon Vandy yang kehidupannya hancur setelah desanya diserang pemberontak dan ia dipaksa bekerja di pertambangan berlian.

Berikut beberapa fakta unik seputar film laris ini.

~O~

1. Lima nominasi Oscar dicatatkan film ini, dua di antaranya diraih Leonardo DiCaprio sebagai Aktor Terbaik dan Djimon Hounsou sebagai Aktor Pendukung Terbaik.

2. Diproduksi dengan budget 101 juta dolar AS, film berdurasi 143 menit ini menghasilkan pendapatan sekitar 171 juta dolar AS.

3. ‘Blood Diamond’ yang menjadi judul film ini merujuk pada berlian yang ditambang di area perang dan dijual untuk mendanai konflik, sehingga memberi banyak keuntungan pada para panglima perang dan perusahaan berlian di seluruh dunia.

4. Dalam adegan ketika Danny Archer tiba di Afrika Selatan, tampak dua wanita berdiri di depan airport dan Danny berjalan melewati mereka. Dua wanita itu sebenarnya adalah ibu dan nenek kandung Leonardo DiCaprio.

5. Di film ini, putra Solomon Vandy bernama Dia, yang dalam bahasa Krio (bahasa adaptasi Sierra Leone) berarti ‘mahal’.

Blood Diamond2

6. De Beers Group, yang merupakan pemain terbesar dalam perdagangan berlian, menyatakan keberatannya terhadap Blood Diamond karena film ini diyakini bisa mengurangi permintaan publik akan berlian.

7. Selain Leonardo DiCaprio, ada nama Russell Crowe yang menjadi pilihan Edward Zwick untuk memerankan Danny Archer. Mereka akhirnya tampil selayar dalam film Body of Lies dua tahun kemudian.

8. Jennifer Connelly, pemeran karakter Maddy Bowen, mengalami cedera di leher saat ia dan Leonardo DiCaprio memfilmkan adegan kejar-kejaran mobil.

9. Arnold Vosloo, pemeran Kolonel Coetzee, punya beberapa dialog dalam bahasa Afrika. Vosloo sendiri memang asli orang Afrika Selatan.

10. Ending film ini, yaitu adegan konferensi yang diadakan berkaitan dengan berlian konflik, merujuk pada pertemuan bersejarah di Kimberley, Afrika Selatan, pada tahun 2000. Pertemuan itu pada akhirnya melahirkan Kimberley Process Certification Scheme yang bertujuan untuk memeriksa keaslian berlian mentah untuk mengekang perdagangan berlian konflik.

Leave a Reply