15 Fakta Seru Seputar Film The Departed (2006)

Film drama kriminal ini merupakan salah satu yang terbaik di genrenya. Dibintangi oleh para aktor papan atas seperti Leonardo DiCaprio, Matt Damon, Jack Nicholson, serta Mark Wahlberg, The Departed akan menghadirkan kisah seru seputar penyamaran. Billy Costigan adalah polisi muda yang ditugaskan menyusup ke kelompok gangster pimpinan Frank Costello, sebaliknya, Colin Sullivan adalah gangster muda yang menyusup ke kepolisian. Billy dan Colin sama-sama tenggelam dalam penyamaran mereka dan bahaya pun kian mendekati keduanya.

Foto The Departed1

Berikut 15 fakta seru tentang film ini.

1. Film garapan Martin Scorsese ini menuai kesuksesan kritis dan komersial. Empat piala Oscar berhasil dibawa pulang. Mark Wahlberg mendapat nominasi Oscar.

2. Brad Pitt awalnya dikasting sebagai Colin Sullivan, namun ia membatalkannya demi bermain dalam film arahan Alejandro González Iñárritu, Babel. Pitt tetap menggarap proyek The Departed sebagai produser melalui perusahaan produksinya (dan istrinya saat itu, Jennifer Aniston), Plan B Entertainment.

3. Mark Wahlberg mendasarkan penampilannya pada para petugas polisi yang menangkapnya berkali-kali ketika ia masih remaja.

4. Salah satu alasan kenapa Leonardo DiCaprio tidak mendapat nominasi Oscar adalah karena Warner Bros. tidak ingin ia berkompetisi dengan rekannya (Mark Wahlberg) di sektor pemeran pendukung, karena itulah ia didorong menjadi pemeran utama, meski mereka semua sebenarnya adalah pemeran utama. Studio lebih ingin DiCaprio meraih nominasi lewat Blood Diamond, dan ia mendapatkannya.

5. Awalnya, Jack Nicholson menolak tawaran peran sebagai Frank Costello, namun setelah ia bertemu dengan Leonardo DiCaprio, Martin Scorsese, dan William Monahan, ia pun akhirnya setuju. Alasannya adalah dia sudah tampil dalam beberapa film komedi dan ingin kembali menjadi penjahat di film.

The Departed2

6. Leonardo DiCaprio dikasting untuk membintangi The Good Shepherd, tapi ia menolak demi bermain di The Departed. Peran itu pun diambil rekannya, Matt Damon. Uniknya lagi, Robert De Niro menolak tawaran peran sebagai Oliver Charles Queenan di film ini untuk tampil dalam The Good Shepherd.

7. Ketika menerima penghargaan dari Director’s Guild of America, Martin Scorsese mengatakan bahwa The Departed adalah film pertamanya ‘yang dibuat dengan plot’ atau dengan kata lain punya plot yang jelas.

8. The Departed diproduksi dengan budget 90 juta dolar AS dan mengais keuntungan sampai 289 juta dolar AS.

9. Martin Scorsese awalnya tidak sadar bahwa The Departed sebenarnya merupakan remake film Hong Kong, Infernal Affairs, sampai ia benar-benar menggarapnya. The Departed pun menjadi satu-satunya remake film luar negeri yang memenangkan Oscar sebagai film terbaik.

10. Menurut Ray Winstone, pemeran Arnold “Frenchy” French, ia dan Jack Nicholson sebenarnya tidak akur ketika syuting film ini.

The Departed3

11. Awalnya, film ini akan menduetkan Brad Pitt dan Tom Cruise sebagai pemeran utamanya.

12. Matt Damon menyelami karakternya dengan cara bekerja bersama polisi Massachusetts unit Boston. Matt menemani mereka berpatroli, melakukan penyergapan narkoba, hingga mempelajari berbagai prosedur kepolisian, seperti menggeledah tersangka.

13. Karakter Frank Costello didasarkan pada sosok gangster Irlandia-Amerika yang sangat terkenal, Whitey Bulger. Sepak terjang Whitey Bulger bisa kita saksikan di film Black Mass yang dibintangi Johnny Depp.

14. Tom Duffy ditunjuk sebagai konsultan teknis film ini karena ia pernah bekerja di departemen polisi Boston sebagai detektif bagian penyamaran yang menyelidiki gangster Irlandia.

15. Scorsese memutuskan untuk tidak menonton Infernal Affairs sampai ia selesai menyutradarai The Departed. Durasi The Departed lebih panjang 50 menit dari Infernal Affairs, yang dibintangi oleh Andy Lau dan Tony Leung.

Komentar Anda