20 Fakta Unik Film Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl (2003)

Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl adalah film pertama dalam franchise Pirates of the Caribbean yang sangat sukses dan dicintai moviegoer. Film arahan Gore Verbinski ini mengajak kita berkenalan dengan beberapa tokoh utama serial film ini, yaitu Captain Jack Sparrow, Will Turner, Elizabeth Swann, dan Captain Barbossa. Jack Sparrow adalah sosok eksentrik yang merupakan kapten kapal Black Pearl. Di balik keunikannya itu, ia selalu punya rencana brilian. Petualangan Jack Sparrow untuk merebut kembali Black Pearl akan berkelindan dengan kisah tentang Will Turner, putra seorang bajak laut yang punya kaitan dengan Jack Sparrow.

Pirates of the Caribbean The Curse of the Black Pearl 1

Berikut 20 hal paling menarik tentang film ini.

1. Karakter Jack Sparrow awalnya ditulis secara khusus untuk Hugh Jackman; karena itulah kapten legendaris ini diberi nama Jack Sparrow. Sayang kala itu Jackman tak terlalu terkenal di luar Australia, negaranya. Karena itulah Johnny Depp yang lebih terkenal pun direkrut.

2. Awalnya Disney sangat kebingungan dengan gaya akting Johnny Depp sebagai Jack Sparrow. Mereka mempertanyakan apakah karakter Jack itu seorang gay atau sedang mabuk. Bahkan CEO Disney kala itu, Michael Eisner, mengkritik keras, “Dia merusak film ini!” Namun Depp menjawab, “Ini pilihan yang saya buat. Anda tahu kerjaan saya. Jadi beri saya kepercayaan atau berhentikan saya (dari proyek ini.” Akhirnya banyak kritikus sepakat bahwa franchise Pirates of the Caribbean bisa sesukses ini justru karena penampilan eksentrik Depp.

3. Jack Sparrow memiliki gigi emas dan itu adalah ide dari Johnny Depp. Depp sebenarnya juga ingin Jack Sparrow tidak punya hidung dan takut dengan benda dan hal konyol, misalnya lada atau flu. Tapi Disney menolak ide itu.

4. Pakaian dan arang digunakan untuk menutupi tato-tato Johnny Depp di sekujur tubuhnya, namun tato Jack Sparrow yang ditampilkannya di film ini adalah palsu. Setelah syuting selesai, Depp mendapat replika tato itu untuk anaknya, Jack.

5. Adegan ketika Orlando Bloom menirukan gaya aneh Jack Sparrow di film ini digagas oleh Bloom sendiri. Sebelumnya, ia meminta izin terlebih dahulu ke produser Jerry Bruckheimer.

Pirates of the Caribbean The Curse of the Black Pearl 2

6. Dibuat dengan budget 140 juta dolar AS, Pirates of the Caribbean: The Curse of the Black Pearl mempu menggandakan keuntungan hingga 654,3 juta dolar AS.

7. Johnny Depp mengenakan lensa kontak yang juga berfungsi sebagai kacamata hitam sehingga ia tidak perlu menyipitkan mata di tengah terik matahari di sepanjang waktu. Depp memang dikenal memiliki gangguan mata yang serius.

8. Geoffrey Rush, pemeran karakter Kapten Barbossa, punya teori bahwa orang cenderung menonton film dari kiri ke kanan seperti ketika membaca buku. Karena itulah ia selalu berusaha berada di sebelah kiri layar sesering mungkin, termasuk dalam adegan dengan monyet dan Keira Knightley.

9. Judul awal film ini sebenarnya hanyalah Pirates of the Caribbean, namun kalimat The Curse of the Black Pearl ditambahkan dengan maksud agar film ini sukses di box office dan bisa dibuatkan sekuelnya.

10. Dalam adegan ketika Will Turner terbangun pada pagi hari setelah terjadi pengepungan Port Royal, di belakangnya ada seorang gadis menyapu teras. Dia adalah aktris Lucinda Dryzek yang di awal film ini berperan sebagai Elizabeth Swann kecil.

Pirates of the Caribbean The Curse of the Black Pearl 3

11. Untuk adegan di gua, makeup tebal diberikan pada semua karakter agar tidak terlihat kusam di film.

12. Keira Knightley baru berumur 17 tahun ketika syuting film ini. Saat itu, ia mengaku begitu yakin dirinya akan dipecat beberapa hari setelah syuting karena ia sangat minim persiapan.

13. Sesuatu yang disemprotkan Jack Sparrow pada Will Turner ketika mereka beradu pedang di rumah Will sebenarnya adalah bubuk cokelat.

14. Robert De Niro mendapat tawaran peran sebagai Jack Sparrow, namun ia menolak dengan anggapan bahwa film ini akan gagal di box office seperti film-film bajak laut lainnya. De Niro terbukti keliru dan ia pun menerima peran sebagai kapten Shakespeare di film Stardust.

15. Ketika mengkasting pemeran Will Turner, ada dua kandidat terkuat, yaitu Orlando Bloom dan Heath Ledger. Akhirnya sutradara Gore Verbinski memilih Bloom karena ia mendengar Bloom juga tampil dalam trilogi sukses Lord of the Rings dan diperkirakan bisa mendatangkan banyak keuntungan. Tato Bloom di pergelangan tangan yang ia dapat dari film The Lord of the Rings: The Fellowship of the Ring terkadang juga terlihat di film ini.

Pirates of the Caribbean The Curse of the Black Pearl 4

16. Untuk menghindari mabuk laut seperti yang dialami para pemain dan kru, Keira Knightley meminum pil anti mabuk, namun akhirnya ia justru tertidur.

17. Saat kembali dari syuting malam di salah satu pulau Karibia, perahu yang ditumpangi Keira Knightley menghantam karang dan tenggelam. Di sana hanya ada Keira, ibunya, dan nahkoda. Beruntung mereka semua selamat dan dievakuasi dalam beberapa jam. Namun insiden ini membuat kru memutuskan untuk memfilmkan adegan malam hari di studio, bukan di lokasi asli.

18. Penampilan Johnny Depp sebagai Jack Sparrow mendapat pujian universal. Ia mendapat penghargaan Screen Actors Guild Award dan nominasi Oscar, BAFTA, dan Golden Globe. Film ini sendiri total mendapat lima nominasi Oscar.

19. Kru menghabiskan waktu lima bulan untuk membuat gua tempat Kapten Barbossa mengumpulkan harta karunnya. Cat berwarna emas diberikan pada batu-batu styrofoam untuk membuat harta karun terlihat makin berkilauan.

20. Johnny Depp mengimprovisasi frase terkenal ‘Savvy?’ yang kemudian menjadi ciri khas karakternya, Jack Sparrow.

Komentar Anda