Profil, Foto, dan Fakta Tentang Ed Harris

Ed Harris1

Ed Harris adalah salah satu aktor watak paling berbakat di masa kini. Pria kelahiran 28 November 1950 ini berseliweran mengisi sejumlah film terlaris Hollywood, mulai dari A Beautiful Mind, The Truman Show, hingga Pollock. Pria yang berkali-kali meraih nominasi Oscar ini punya ciri khas unik selain kepala botak, yaitu suara yang dalam serta mata biru yang cerah. Semua itu menambah karisma tersendiri bagi pria pemilik nama lengkap Edward Allen Harris ini.

Ibu Harris adalah seorang agen travel, sementara ayahnya adalah pekerja toko buku. Kedua orangtuanya berasal dari Oklahoma meski Harris sendiri lahir di Tenafly, New Jersey. Harris yang awalnya gemar bermain bola ini tiba-tiba tertarik dengan dunia akting dan lantas masuk ke Universitas Oklahoma jurusan teater. Setelah lulus, ia pindah ke L.A untuk mencari pekerjaan dan mulai mengembangkan karirnya di panggung teater dan TV. Peran besar pertama yang didapatnya adalah sebagai William “Billy” Davis dalam film Knightriders di tahun 1981.

Beberapa fakta tentang Ed Harris

Ed Harris2

  • Menurut Harris, momen paling memalukan di hidupnya adalah ketika ia menjadi model tuksedo dalam event Oklahoma State Fair tahun 1971 silam.
  • Harris mendapat nominasi Oscar ketika tampil sebagai pelukis legendaris Amerika, Jackson Pollock. Sementara Marcia Gay Harden yang memerankan istri Pollock, Lee Krasner, berhasil mendapatkan Oscar kategori Aktris Pendukung Terbaik. Hebatnya, film itu disutradarai Harris sendiri.
  • Harris baru menjadi ayah di usia 42 tahun ketika istrinya, aktris Amy Madigan, melahirkan bayi perempuan yang diberi nama Lily Dolores Harris pada tahun 1993.
  • Untuk mendalami karakternya sebagai Jackson Pollock, Harris membangun studio di rumahnya dan menghabiskan waktu untuk melukis dan mengerjakan ulang karya-karya Pollock.

Ed Harris3

  • Harris menganggap akting sebagai hal yang membantunya membuang rasa malu ketika ia masih muda.
  • Salah satu reputasi Harris adalah ia orang yang sangat serius ketika sudah berada di lokasi syuting dan ia tidak suka beromong kosong di sana.
  • Harris pernah mengalami cedera saat syuting film The Abyss yang membuatnya nyaris tidak bisa menerima peran sebagai Frankie Flannery di film State of Grace.
  • Di tahun 2001, majalah People mencatumkan namanya sebagai salah satu dari 50 orang paling rupawan di dunia.

Leave a Reply