Mengenal Abraham Lincoln lewat 10 Fakta Unik

Foto Abraham Lincoln

Sebagai salah satu sosok presiden Amerika Serikat paling legendaris, Abraham Lincoln punya banyak keunikan di sepanjang hidupnya. Penampilan Lincoln sangat mudah dibedakan dari para presiden AS lainnya karena ia punya ciri cambang, topi tinggi hitam, postur tinggi, dan setelan pakaian khas. Lincoln lahir di Kentucky pada tanggal 12 Februari 1809. Presiden AS ke-16 ini menikah dengan Mary Todd dan dikaruniai empat orang anak.

Berikut 10 hal menarik dari sosok Abraham Lincoln.

1. Presiden AS berpostur paling tinggi ini tak pernah mengenyam pendidikan formal di sekolah atau kampus, namun ia sangat hobi membaca.

2. Lincoln merupakan presiden pertama AS yang tewas dibunuh.

3. Lincoln berjuang melawan depresi parah di sepanjang hidupnya. Ia juga menderita insomnia yang membuatnya sering terjaga dan berjalan-jalan di aula White House.

4. Semasa muda, Lincoln adalah seorang pegulat. Dalam sebuah laga, ia mengangkat lawannya dengan meraih lehernya lalu membantingnya ke tanah (chokeslam).

5. Presiden yang anti perbudakan ini sangat gemar pergi ke teater. Lincoln pernah menonton pertunjukan The Marble Heart yang dibintangi seorang aktor yang kelak akan membunuhnya, John Wilkes Booth.

6. Lincoln adalah pengarang beberapa buku penting, salah satunya Lincoln’s Gettysburg Address. Ia juga menulis pidato-pidato pentingnya sendiri.

7. Lincoln adalah pemimpin besar pertama Amerika Serikat yang menyerukan hak pilih perempuan dalam pemilu.

8. Nama Lincoln sering dipakai sebagai nama taman nasional Amerika Serikat, melebihi nama-nama presiden AS lainnya.

9. Mary Surratt, salah satu konspirator pembunuhan Lincoln, menjadi wanita pertama yang dihukum mati di Amerika Serikat.

10. Lincoln adalah satu-satunya presiden Amerika Serikat yang menerima hak paten atas sebuah perangkat untuk mengangkat kapal di atas perairan dangkal.

Leave a Reply