15 Fakta Seru di Balik Film Edge of Tomorrow (2014)

Edge of Tomorrow adalah film fiksi ilmiah laga yang begitu menarik dan tak terduga. Anda akan dibuat sangat terhibur dengan kisah unik yang diangkat dari novel Jepang ini. Film ini menceritakan keadaan di mana bumi diserang oleh ras alien yang sangat kuat dan mengerikan. Tema seperti ini memang sangat umum, akan tetapi yang membuat Edge of Tomorrow berbeda adalah adanya kejadian time loop alias kembalinya waktu ke masa lalu.

Edge of Tomorrow

Ketika Bill Cage, seorang tentara yang miskin pengalaman, dikirim ke medan laga, ia terbunuh dan terciprat darah alien. Hal aneh pun terjadi, Cage kembali ke waktu sehari sebelumnya ketika ia hendak diterjunkan ke medan laga dalam keadaan hidup. Ia berperang lagi, terbunuh lagi, dan kembali ke sehari sebelumnya, begitu seterusnya. Apa yang sebenarnya dilakukan para alien itu padanya?

Berikut fakta-fakta paling menarik dari film besutan Doug Liman ini.

1. Film ini dirilis di banyak wilayah di seluruh dunia dan mencatatkan keuntungan 370,5 juta dolar AS dari budget sebesar 178 juta dolar AS.

2. Dalam adegan kejar-kejaran mobil, Emily Blunt diminta mengebut lalu menikung tajam ke kanan. Namun Blunt melakukan kesalahan dan menabrakkan mobilnya pada sebuah pohon. Meski Tom Cruise yang jadi penumpangnya nyaris terbunuh, mereka berdua tertawa setelah insiden itu.

3. Emily Blunt yang memerankan Sersan Rita Rose Vrataski sebenarnya mampu melakukan gerakan kelenturan yang disebut planche sendiri tanpa bantuan kru. Namun di awal pengenalan adegannya, ia melakukan manuver itu dengan bantuan tali untuk pengambilan gambar yang lebih lama.

4. Emily Blunt mengaku menangis setelah ia mengenakan pakaian tempur yang sangat berat. Baju zirah itu beratnya sekitar 38 kilogram.

5. Tom Cruise adalah satu dari beberapa orang saja yang baru menyadari bahwa Emily Blunt sedang mengandung saat syuting film ini. Blunt tidak memberitahu siapa pun tentang kehamilannya, dan di awal syuting ia banyak melakukan adegan berbahayanya sendiri. Hal ini tentu saja membuat bingung Cruise, yang menurut Blunt adalah orang ketiga yang tahu kehamilannya setelah suaminya, John Krasinski.

Fakta Edge of Tomorrow

6. Tom Cruise mengakui bahwa ia sudah ingin bekerja dengan Emily Blunt sejak lama. Cruise bahkan merekomendasikan Blunt pada produser untuk memerankan Rita.

7. Tom Cruise menghabiskan uang sebesar 100.000 dolar AS untuk menggelar wrap party untuk merayakan akhir syuting secara keseluruhan dengan seluruh pemain dan kru. Uniknya, Cruise sendiri tidak bisa hadir karena sedang menyelesaikan syuting adegannya.

8. Operation Downfall, nama operasi militer di film ini, sebenarnya adalah nama misi asli di dunia nyata, yaitu invasi terakhir Jepang untuk mengakhiri Perang Dunia II. Operation Downfall itu tak pernah sampai terjadi karena Jepang terlebih dahulu dibom atom Amerika Serikat.

9. Film ini nyaris seluruhnya disyuting di Studio Leavesden, tempat film-film Harry Potter dibuat.

10. Brad Pitt dan Ryan Gosling sempat dibidik untuk memerankan Bill Cage.

Film Edge of Tomorrow

11. Hiroshi Sakurazaka, penulis novel All You Need Is Kill yang mendasari film ini, mengaku mendapatkan ide ketika bermain video game dan mereset berkali-kali untuk mencari cara memenangkan permainan.

12. Edge of Tomorrow menjadi film fiksi ilmiah ketiga Emily Blunt di mana karakternya berupaya mengubah masa depan. Dua film lainnya adalah The Adjustment Bureau dan Looper.

13. Ide untuk melakukan premiere di tiga kota berbeda berasal dari Tom Cruise. Kota-kota itu adalah London, Paris, dan New York City. Pemain dan kru seolah memeragakan time loop seperti di film di mana mereka berkali-kali menghadiri acara yang sama dalam satu hari. Bagi Emily Blunt, hal ini merepotkan karena ia harus beberapa kali berganti pakaian, makeup, dan gaya rambut.

14. Tom Cruise tidak ingin pakaian tempurnya terlalu banyak dipoles dengan CGI (rekayasa komputer) agar nampak lebih natural. Cruise juga melakukan semua adegan berbahayanya sendiri di film ini.

15. Sutradara Doug Liman begitu menyukai film ini hingga ia menyuting ulang beberapa adegan sampai mendapatkan gambar yang sempurna.

Komentar Anda