Tren Baru Drama Korea 2016, dari Militer Hingga Webtoon

Tren Drama Korea Terbaru

Setelah berjalan beberapa bulan di tahun 2016, apakah Anda sudah memperhatikan tren drama Korea yang saat ini sedang booming? Dengan tuntutan dan kompetisi tinggi dari negara-negara lainnya, Korea tentu selalu menyiapkan inovasi baru di bidang perfilman, khususnya drama TV. Jika tahun lalu kita beberapa kali disuguhi tren aktor utama penderita kepribadian ganda, kita sekarang ditawari tren lain yang tak kalah kerennya.

Apa saja tren yang lagi ngehits di dramaland?

* * * * * * * * * *

1. Drama militer-kepolisian

Lee Jin-wook sebagai tentara AL

Tahun ini banyak aktor Korea yang terlihat mengenakan seragam militer, baik di dunia nyata maupun di dunia drama. Tren drama militer-kepolisian dimulai dari Signal yang dibintangi Kim Hye-soo dkk, berlanjut ke Descendants of the Sun yang fenomenal (tahu dong siapa pemerannya), lalu beranjak ke Mrs Cop 2 yang menampilkan Kim Sung-ryung dan Kim Min-jong, serta Goodbye Mr Black yang menghadirkan Lee Jin-wook sebagai seorang tentara angkatan laut.

2. Aktor utama penyakitan

Yoo Seung-ho Remember

Topik ini memang bisa bikin sedih karena sang aktor utama ternyata mengidap penyakit yang terkait langsung dengan jalan cerita. Yoo Seung-ho dari Remember misalnya yang mengalami dua kondisi berbeda, yaitu Hyperthymesia dan Alzheimer. Demikian pula dengan Lee Sung-min dari drama Memory yang mengidap Alzheimer. Daftar akan makin panjang jika kita menambahkan nama Uee dari Marriage Contract yang menderita tumor otak. Kasihan ya…

3. Pra-produksi

Uncontrollably Fond

Jika biasanya drama Korea dibuat secara kejar tayang untuk menilai rating dan respon pemirsa, tahun 2016 mulai diperkenalkan konsep baru, yaitu pra-produksi. Artinya, drama sudah selesai dibuat sebelum dirilis. Pelopornya adalah Descendants of the Sun. Konsep ini tentu diidamkan pemirsa yang begitu frustrasi ketika drama favorit mereka di-cut hanya lantaran ratingnya rendah. Drama lain yang juga memakai cara ini adalah Uncontrollably Fond dan Moon Lovers.

4. Adaptasi webtoon

Cheese in the Trap

Cheese in the Trap sementara ini memimpin drama TV yang diadaptasi dari webtoon atau komik online, meski ini sebenarnya bukan hal yang terlalu baru. Tapi tren ini kian menguat di tahun 2016 ketika para produser bersedia mengucurkan dana besar untuk promosi dan mengkasting para bintang mahal, seperti dalam drama Goodbye Mr Black, Neighbourhood Lawyer, dan Entourage. Ini tentunya menambah variasi sekaligus menghindari plot klise yang sering terjadi.

Leave a Reply