Sekilas Tentang Kebudayaan Adena

Kebudayaan Adena

Penduduk asli Amerika kuno, orang Adena, tinggal di area luas yang berpusat di daerah yang sekarang menjadi Ohio selatan. Orang-orang Adena berkembang dari sekitar tahun 500 SM sampai 100 M. Mereka dikenal sebagian besar karena gundukan tanah yang mereka bangun. Istilah Adena berasal dari nama tempat di mana arkeolog menemukan gundukan Adena di awal 1900-an.

Orang Adena menetap di ratusan desa kecil di sepanjang Sungai Ohio. Mereka tinggal di rumah-rumah berbentuk kerucut dan mencari makan dengan berburu, memancing, serta mengumpulkan buah-buahan dan tanaman liar. Mereka membuat alat-alat dari kayu, tulang, dan tembaga. Mereka juga merajut kain dan membuat periuk sederhana dari tanah liat.

Orang Adena membangun ratusan gundukan tanah di daerah yang sekarang menjadi Ohio, Indiana, Kentucky, Virginia Barat, dan Pennsylvania. Banyak dari gundukan tersebut merupakan situs pemakaman. Mereka membangun banyak gundukan dalam bentuk yang sederhana, seperti lingkaran dan persegi panjang. Mereka membentuk gundukan lainnya seperti binatang. Yang paling terkenal adalah Great Serpent Mound dekat Peebles, Ohio. Gundukan ini tampak seperti ular raksasa dan panjangnya hampir 1.300 kaki (400 meter).

Tidak ada yang tahu pasti apa yang terjadi dengan orang-orang Adena setelah sekitar tahun 100 M. Beberapa ilmuwan berpikir bahwa mereka bergabung dengan orang Hopewell, yang mengembangkan budaya yang sama di tempat orang Adena hidup.

Leave a Reply