Mengulik Fakta di Balik OST Drama-drama Korea

Penyanyi OST Drakor

Musik memegang peran penting dalam setiap drama Korea. Original soundtrack atau disingkat OST secara eksplisit dibuat untuk setiap serial, dan berbeda dengan serial Amerika, para fans begitu antusias untuk membeli album soundtrack dari sebuah drama Korea.

Tren ini dimulai pada 1990-an ketika produser mengganti soundtrack musik instrumental murni dengan lagu yang dibawakan oleh para penyanyi K-Pop kenamaan. Tom Larsen, direktur YA Entertainment, distributor serial TV Korea, menganggap bahwa soundtrack drama Korea sudah dipoles dengan cukup baik agar bisa berdiri sendiri sebagai sebuah musik hits.

Pada periode 2000-an, muncul tradisi bagi para aktor utama untuk berpartisipasi dalam membawakan lagu soundtrack. Hal ini sedikit banyak juga dipengaruhi oleh banyaknya bintang K-Pop yang terjun menjadi aktor. Sebagai contoh, Lee Min-ho dan leader boyband SS501, Kim Hyun-joong, sama-sama merekam lagu-lagu untuk drama mereka, Boys Over Flowers, sementara Jang Geun-suk dan penyanyi Lee Hong-gi dari F.T. Island menyumbang suara mereka untuk drama He’s Beautiful.

Lagu-lagu OST dari K-drama populer juga dapat menjadi hits di tangga musik umum, dengan catatan penjualan yang baik dari album fisik maupun digital. Lagu dari OST Secret Garden, misalnya, memiliki penjualan digital tinggi dan menghuni peringkat atas di chart musik.

Lyn
Lyn

“My Destiny”, yang dibawakan oleh Lyn untuk drama My Love from the Star, memimpin tangga musik di Hong Kong, Taiwan, Korea Selatan, dan negara-negara Asia lainnya. Lagu ini juga memenangkan penghargaan Best OST di ajang Baeksang Arts Awards tahun 2014. Adapun penyanyi OST untuk drama laga Iris pernah mengadakan dua konser di Jepang di hadapan 60.000 penonton.

Komposer OST drakor biasanya mencari penyanyi yang sebelumnya telah sukses dalam genre yang tengah ia garap. Lagu tersebut ditulis untuk mencerminkan suasana hati dan struktur drama. Terkadang, penyanyi akan memberikan lagu-lagu mereka sendiri untuk sebuah drama. Misalnya, Baek Ji-young menganggap lagunya, “That Man,” yang awalnya ditulis untuk albumnya sendiri, akan cocok untuk Secret Garden.

Ada banyak penyanyi OST drama populer yang sering dipekerjakan, seperti Baek Ji-young, Lyn, K.Will, dan Lee Seung-cheol. Dalam kasus yang cukup jarang, penyanyi asing diundang untuk membawakan lagu OST drakor. Misalnya, seniman Swedia Lasse Lindh menyanyikan beberapa lagu untuk serial seperti Angel Eyes, Soul Mate, serta I Need Romance. Nah, apa OST drakor favorit Anda?

Leave a Reply