15 Fakta Unik Tentang Film Avatar (2009)

Film Avatar (2009)

Avatar adalah film epos fiksi ilmiah yang sepenuhnya digarap oleh James Cameron. Dengan status sebagai film terlaris sepanjang masa, Avatar telah meraup keuntungan hingga 2,7 miliar dolar AS, jauh melebihi budget film ini yang ‘hanya’ sebesar 237 juta dolar AS. Film yang mengusung beberapa aktor seperti Sam Worthington, Zoe Saldana,  Stephen Lang, dll ini berlatar belakang di pertengahan abad ke-22 ketika manusia mulai menduduki Pandora, sebuah bulan dari planet gas raksasa yang berada dalam sistem bintang Alpha Centauri. Namun kehadiran manusia di sana justru mengancam kehidupan suku Na’vi yang menghuni tempat itu.

Berikut 15 fakta menarik seputar film berdurasi 161 menit ini.

-=-

1. Dikenal sebagai sosok yang sangat disiplin di lokasi syuting, James Cameron selalu membawa alat paku tembak untuk memaku ponsel milik kru atau pemain yang kebetulan sedang berdering di dinding pintu keluar.

2. Bahasa Na’vi diciptakan sepenuhnya oleh seorang ahli bahasa bernama Dr. Paul R. Frommer yang disewa secara khusus oleh James Cameron untuk membuat satu bahasa yang mudah diucapkan para aktor. Frommer menciptakan sekitar 1.000 kata untuk bahasa yang tak mirip dengan bahasa manusia ini.

3. Saat mengikuti audisi, pemeran Jake Sully, Sam Worthington, belumlah terlalu terkenal dan ia masih tinggal di dalam mobilnya, bukan di apartemen seperti aktor-aktor lainnya.

4. Studio sebenarnya menghendaki Matt Damon atau Jake Gyllenhaal sebagai pemeran Jake Sully, namun James Cameron lebih memilih aktor yang belum punya nama besar, Sam Worthington. Alasannya, ia ingin memberi kualitas ‘riil’ pada karakter tersebut dengan mengkasting aktor biasa.

5. Rokok yang dihisap karakter Sigourney Weaver sebenarnya dibuat dengan rekayasa komputer.

NEXT

Leave a Reply