9 Fakta Unik Robert Downey, Jr. di Film Civil War (2016)

Foto Robert Downey, Jr di Film Civil War

Mungkin sosok Chris Evans begitu mencuri perhatian di film Captain America: Civil War, tapi jangan lupakan pula peran penting dari Robert Downey, Jr., yang untuk kesekian kalinya menghidupkan karakter Tony Stark alias Iron Man di layar lebar. Di film box office ini, ia sebagai pemimpin faksi Avengers yang mendukung regulasi digambarkan sebagai sosok cerdas, milyuner, playboy, serta filantropis. Marvel awalnya menginginkan peran Downey diperkecil di film ini, namun sang aktor ingin agar karakter Tony Stark punya peran yang lebih penting.

Apa Anda ingin tahu lebih banyak tentang peran Robert Downey, Jr. di Civil War? Simak liputan kami.

-O-

1. Berapa bayaran Robert Downey, Jr. untuk bermain di Civil War? Variety membocorkan bahwa Downey digaji fantastis sebesar 40 juta dolar AS (534 miliar rupiah!) dan angka itu masih ditambah gaji ekstra karena film ini booming.

2. Tom Holland mengaku ia sangat tertekan saat mengikuti audisi untuk mendapatkan peran Spider-Man. Namun Downey berusaha menenangkannya dengan berkata, “Dengar, aku ingat screen testku untuk (mendapatkan peran) Iron Man. Aku ingat bagaimana groginya aku. Tapi ini hanyalah audisi, tak ada yang menakutkan. Jika kamu salah, kita mulai dari awal lagi. Tak ada tekanan.”

3. Aktor yang akhirnya mendapatkan peran Spider-Man harus melakukan screen test khusus dengan Downey dan Chris Evans untuk menilai chemistry siapa paling cocok dengannya.

4. Ketika Chris Evans mengalami cedera saat syuting adegan ikoniknya, Downey justru bercanda dengan mengatakan bahwa sineas tidak keberatan dengan cedera yang dialami Evans karena hasil pengambilan gambar adegan itu luar biasa dan mereka menggunakannya untuk promosi film.

5. Ketika peran Downey akan diperkecil, ia justru meminta porsi lebih besar dengan gaji lebih tinggi. CEO Marvel, Ike Perlmutter, berencana membuang peran Iron Man dari naskah. Namun produser Kevin Feige berhasil membujuk Perlmutter untuk menuruti permintaan Downey.

6. Alfre Woodard muncul di film ini sebagai Miriam Sharpe. Dan orang yang menyarankannya untuk menerima peran itu adalah lawan mainnya di film Heart and Souls, Downey, bahkan sebelum Marvel mengetahui bahwa Woodard juga dikasting untuk bermain di film Luke Cage (2016) sebagai Mariah Dillard.

7. Di film, Tony Stark memuji kecantikan Aunt May, yang diperankan Marisa Tomei. Downey sebenarnya pernah berpacaran dengan Tomey di tahun 90-an dan pernah membintangi dua buah film bersama-sama.

8. Dalam sebuah adegan, Hawkeye menyebut Tony Stark sebagai seorang futurist. Di dunia nyata, Downey pernah merilis album berjudul Futurist di tahun 2004.

9. Pelatih pribadi Downey, Eric Oram, menyatakan bahwa trik untuk mengadu Captain America melawan Iron Man “adalah dengan menunjukkan Iron Man menggunakan kekuatan minimum seperlunya untuk memenangkan pertarungan, dan ia tidak terlihat seperti sedang berusaha untuk menjadi sosok liar dan pembunuh.”

Leave a Reply