5 Fakta Menarik Tentang Ben Kingsley

Foto Ben Kingsley

Ben Kingsley paling mudah dikenali berkat kepala pelontosnya. Aktor pemenang Oscar ini berasal dari Inggris. Ia lahir pada 31 Desember 1943 di Yorkshire. Ayahnya, Rahimtulla Harji Bhanji, adalah seorang dokter Kenya keturunan India Gujarat, sementara ibunya adalah aktris Inggris, Anna Lyna Mary. Kingsley menuai ketenaran internasional sekaligus banyak penghargaan lewat aktingnya dalam film Gandhi di tahun 1982. Di sepanjang karirnya, Kingsley telah menghidupkan banyak peran di berbagai film, seperti Schindler’s List, Shutter Island, Prince of Persia: The Sands of Time, Hugo, hingga Iron Man 3.

Berikut fakta-fakta mengenai Ben Kingsley.

1. Kingsley telah menikah sebanyak empat kali dan dari empat pernikahan itu ia mendapat empat orang anak.

2. Kingsley menceritakan kisah kebetulan yang luar biasa pada saat ia dikasting menjadi pemeran Gandhi, yakni lima hari sebelum sutradara Richard Attenborough memanggilnya, ia mendapat buku perpustakaan tentang Gandhi.

3. Kingsley diberi gelar kebangsawanan di tahun 2002 atas sumbangsihnya pada industri film. Ia pun diberi gelar Sir di depan namanya. Di India, ia mendapat gelar Padma Shri.

4. Hingga tahun 2016, Kingsley telah bermain di empat film yang meraih nominasi Oscar, dua di antaranya berhasil merebut Oscar, yaitu Gandhi dan Schindler’s List. Dua lainnya hanya mendapat nominasi, yakni Bugsy dan Hugo.

5. Keluarga dari pihak ayah Kingsley berasal dari negara bagian India Gujarat, tempat Mohandas K. Gandhi berasal.

Leave a Reply