Mini Biografi: Buzz Aldrin

Foto Buzz Aldrin

Buzz Aldrin adalah astronot Amerika Serikat. Ia merupakan orang kedua yang berjalan di bulan. Edwin Eugene Aldrin, Jr., lahir pada tanggal 20 Januari 1930, di Montclair, New Jersey. Keluarganya memberinya nama panggilan “Buzz.” Ayah Buzz adalah seorang penerbang dan mahasiswa peroketan.

Buzz bukanlah siswa yang cemerlang sampai ia memutuskan untuk menjadi seorang penerbang seperti ayahnya. Ia kemudian bekerja keras untuk meningkatkan nilai-nilainya. Usaha Buzz itu terbayar lunas ketika ia diterima di Akademi Militer AS di West Point, New York. Pada tahun 1951, ia lulus sebagai peringkat ketiga di kelasnya.

Buzz lalu menjadi pilot di Angkatan Udara AS. Ia mengikuti banyak misi tempur di Perang Korea. Buzz kemudian melanjutkan pendidikannya di Institut Teknologi Massachusetts, di mana ia memperoleh gelar doktor di Astronotika (ilmu pesawat ruang angkasa) pada tahun 1963. Kemudian pada tahun yang sama NASA memilihnya untuk menjadi astronot.

Selama tanggal 11-15 November 1966, Buzz melakukan perjalanan pertamanya ke luar angkasa. Ia  bepergian dengan James A. Lovell, Jr, di pesawat ruang angkasa yang disebut Gemini 12. Buzz menghabiskan 5½ jam di ruang angkasa di luar pesawat antariksa.

Misi luar angkasa Buzz selanjutnya adalah pesawat antariksa Apollo 11, yang lepas landas pada 16 Juli 1969. Apollo 11 membawa Buzz, Neil Armstrong, dan Michael Collins ke bulan. Pada tanggal 20 Juli, Armstrong dan Buzz melangkah ke permukaan bulan. Di sana mereka mengumpulkan sampel tanah bulan dan mengambil foto. Misi tersebut berakhir pada 24 Juli dengan pendaratan di Samudera Pasifik.

Buzz pensiun dari NASA pada tahun 1971. Pada tahun 1998 ia mendirikan ShareSpace Foundation, sebuah organisasi untuk mempromosikan perjalanan ruang angkasa.

Leave a Reply