7 Alasan Populer Kenapa Batman Membenci Superman

Batman Melawan Superman

Apakah setelah Anda nonton film Batman v Superman: Dawn of Justice Anda tahu alasan Batman membenci Superman? Jawaban yang paling sering diutarakan adalah karena Superman punya kekuatan tak terbatas yang membuat Batman khawatir. Perdebatan tentang siapa yang akan menang jika Batman bertarung melawan Superman masih terus berlangsung sampai kini dengan setumpuk teori yang disajikan fans kedua kubu. Kini kami ajak Anda mencermati alasan-alasan paling populer tentang kenapa Batman sangat membenci Superman.


1. Superman tak bertanggungjawab pada siapapun

Sebagian besar pemimpin dunia, pahlawan olahraga, CEO, atau figur besar lainnya pernah diingatkan seseorang bahwa mereka tidak bisa bertindak seperti megalomaniak di sepanjang waktu. Namun tidak demikian dengan Superman. Ya, dia memang baik dan punya niat baik, tapi fakta mengerikannya adalah bahwa satu-satunya orang yang dapat mencegah Superman agar tak menyatakan dirinya sebagai pemimpin dunia (posisi yang sangat nyata) adalah Superman sendiri (kecuali jika Anda juga menghitung Mister Mxyzptlk).

2. Kekuatan Superman tak terbatas

Salah satu kekhawatiran terbesar Batman pada Superman adalah kekuatannya yang tampaknya tak terbatas. Alien ini begitu kuat hingga ia nyaris bisa melakukan apa saja. Pada satu titik, ia memutuskan untuk ‘menghipnotis’ Batman menjadi Nightman, karakter yang sama dengan Batman tapi sedikit berbeda. Hal ini membuat Batman merasa ragu akan kemampuan deteksinya dan memaksanya untuk berusaha lebih keras lagi.

3. Pertentangan ideologis

Konsep bahwa Batman dan Superman adalah dua sisi mata uang yang sama bukanlah hal baru, tapi itu mungkin menjadi salah satu topik paling penting ketika fans mendiskusikan kemungkinan dua superhero ini bekerja sama. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka berdua mencoba untuk melawan kejahatan, mereka melakukannya dengan cara yang sangat berbeda.

Superman cenderung lebih gamblang tentang apa yang akan atau tidak akan ia lakukan untuk menghentikan seseorang dan membela otoritas. Di sisi lain, Batman adalah jiwa bebas dan misterius. Dia melangkahi hukum dan sulit diketahui batas-batasnya. Dikotomi ini tidak hanya jelas dalam peran gandanya sebagai miliarder playboy/detektif terbesar di dunia, tetapi juga ketika ia menginjak area yang secara moral masih abu-abu dalam bentuk memerangi penjahat seperti Joker, Two-Face, dan Talia Al Ghul.

NEXT

Leave a Reply