Apa Sih Pokemon Itu? Ini Penjelasan Simpelnya

Pika

Pokemon adalah franchise media yang tumbuh dari seperangkat game Nintendo yang dirilis pada akhir 1990-an, terutama untuk Nintendo Game Boy dan Game Freak. Saat ini, franchise ini telah berkembang menjadi media dan domain ritel yang sangat beragam, mencakup buku-buku komik, mainan, acara televisi, film, hingga kini: game smartphone. Nama Pokemon adalah singkatan dari kata bahasa Jepang untuk “pocket” dan “monster.”

Konsep asli Pokemon dikembangkan oleh Satoshi Tajiri dan berakar dari kegemaran di masa kecilnya untuk mengumpulkan serangga. Plot utama Pokemon adalah kisah manusia yang menangkap makhluk fiktif bernama Pokemon dan melatih mereka untuk bertarung satu sama lain. Game Pokemon asli menampilkan pelatih (trainer) dengan masing-masing Pokemonnya yang berkelana melalui berbagai wilayah sambil menyelesaikan berbagai misi dan pertempuran.

Platform populer Nintendo ini melahirkan daftar panjang film, 18 darinya diproduksi antara tahun 1998 hingga 2015. Seri komik Pokemon pertama dimulai pada tahun 1997 dengan judul Pokemon: The Electric Tale of Pikachu. Seri itu dibuat dalam gaya manga tradisional dan sangat populer. Pada tahun 2015, 12 dari 18 komik ini telah dirilis dalam bahasa Inggris. Kini setelah melalui berbagai masa dan transformasi, Pokemon hadir dalam bentuk game smartphone, yakni Pokemon Go! yang fenomenal.

Leave a Reply