7 Fakta Film Harry Potter and the Sorcerer’s Stone (2001)

Harry Potter and the Sorcerer's Stone (2001)

Harry Potter and the Sorcerer’s Stone adalah film fantasi pertama dari franchise Harry Potter. Diangkat dari novel terkenal karya J. K. Rowling, film ini bercerita tentang tahun pertama Harry Potter di Hogwarts setelah ia mengetahui dirinya adalah seorang penyihir dan mulai belajar sihir di sana. Menuai kesuksesan besar secara kritis dan komersial, The Sorcerer’s Stone mendapat sejumlah nominasi Oscar dan menjadi salah satu film terlaris sepanjang masa dengan torehan keuntungan fantastis, mencapai lebih dari 974 juta dolar AS. Berikut tujuh fakta tentang film berdurasi 152 menit ini.

1. Alan Rickman dipilih secara pribadi oleh J. K. Rowling untuk memerankan Severus Snape dan menerima instruksi khusus dari Rowling terkait karakter itu. Rowling bahkan membeberkan detail kisah tentang Snape pada Rickman yang bahkan baru bisa diketahui di novel terakhir.

2. Warner Bros. awalnya ingin membuat seluruh seri film Harry Potter sebagai film animasi dan menggambungkan beberapa novel menjadi satu film saja. Alasannya adalah karena aktor cilik yang jadi bintang film ini akan tumbuh dengan cepat jika produksi filmnya terlalu panjang atau ada penundaan. J. K. Rowling menolak ide itu.

3. Para aktor cilik di film ini benar-benar mengerjakan tugas sekolahnya dari dunia nyata agar latar belakang film ini menjadi lebih realistis.

4. Untuk membuat rumah keluarga Dursley terlihat sangat buruk, dekorator setting Stephenie McMillan sengaja memilih perabotan yang paling jelek.

5. Sutradara Chris Columbus menyatakan ia sebenarnya kurang puas dengan efek visual film ini yang menurutnya dibuat ‘terlalu terburu-buru’ dan ‘tak sesuai standar.’ Ia berupaya meningkatkan mutu efek visual di film-film berikutnya. Meski demikian, The Sorcerer’s Stone tetap mendapat nominasi Efek Visual Terbaik di ajang BAFTA.

6. J. K. Rowling dipertimbangkan untuk tampil cameo sebagai Lily Potter di adegan Mirror of Erised, tapi ia menolaknya dan peran itu diberikan pada Geraldine Somerville.

7. Di seluruh film Harry Potter, Daniel Radcliffe ternyata sudah mengenakan sebanyak 160 pasang kacamata.

Leave a Reply